Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Marketing hal yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis. Anda dapat menggunakan media komunikasi A2P SMS untuk menyebarkan pesan promosi.

Memilih media komunikasi promosi tentu perlu dipertimbangkan matang-matang. Mana saja media komunikasi yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Bisnis tanpa promosi yang tepat, akan menciptakan kerugian yang amat berat.

A2P Messaging (SMS), atau Application to Person Messaging merupakan sebuah cara berkomunikasi melalui pengiriman pesan SMS. Pesan dikirim dari mesin aplikasi ke pengguna ponsel secara personal. Pengirim hanya perlu memasukkan nomor database yang dimiliki sebagai penerima pesan, dan menuliskan pesan yang hendak dikirim di aplikasi. Pesan dapat dikirim secara cepat dan tidak memakan waktu banyak.

Pesan yang dikirim melalui A2P Messaging cenderung tidak dapat dibalas oleh pelanggan. Perusahaan yang memutuskan untuk menggunakan A2P Messaging harus mengetahui konsekuensi ini, sehingga tidak perlu berharap pesan akan dibalas oleh penerima SMS. Dengan kondisi ini, A2P Messaging difungsikan oleh perusahaan sebagai alat menyampaikan pesan secara cepat dan bersifat satu arah.

Berikut keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menerapkan A2P Messaging dalam bisnis Anda:

1. A2P Messaging Dapat Digunakan Untuk Berbagai Keperluan

Anda dapat menggunakan A2P Messaging untuk mengirimkan pesan promosi kepada calon pelanggan, pengingat janji pertemuan dengan klien, dan notifikasi akun pelanggan. Dengan menggunakan media komunikasi A2P Messaging, Anda dapat langsung berkomunikasi secara personal dengan pelanggan.

Sebagai contoh, jika brand Anda memiliki terobosan produk terbaru, maka Anda perlu melakukan pengenalan produk untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis. Anda dapat mengirimkan pesan tentang produk Anda secara langsung kepada pelanggan, melalui A2P Messaging. Pesan tersebut, akan langsung sampai di ponsel pelanggan.

2. Cepat Sampai ke Ponsel Pelanggan

SMS merupakan satu-satunya media pesan teks yang tidak membutuhkan kuota internet. Pesan SMS akan lebih cepat sampai dibandingkan media pesan teks lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Ketika Anda mengirimkan SMS ke nomor database yang dimiliki, pada saat itu pula pesan akan tiba di ponsel pelanggan.

Pesan SMS juga dapat dijangkau secara lebih luas. Jika calon pelanggan adalah tipe user yang tidak menggunakan sosial media, dan masih menggunakan ponsel monoponik/poliponik, mereka masih dapat menerima pesan SMS Anda. Memperluas jangkauan pesan promosi dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

3. SMS Lebih Efektif dan Efisien Daripada Email

Pesan A2P Messaging dapat dikirimkan dengan mudah kepada calon konsumen. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengirim satu per satu ke nomor database pelanggan Anda. Waktu yang Anda miliki jadi lebih efisien. Dengan kecepatan waktu ini, Anda dapat mengerjakan pekerjaan selainnya lebih awal.

Berdasarkan perbandingan yang telah diteliti, SMS memiliki open rate (potensi dibaca) sebesar 98%, sedangkan email memiliki open rate 20%. Perbedaan ini memperlihatkan secara jelas bahwa media SMS lebih efektif digunakan. Pengiriman pesan promosi melalui SMS memiliki tantangan di jumlah teks.

Bila di email Anda dapat memaparkan sepanjang apapun kata-kata untuk menyampaikan pesan, SMS hanya terbatas 160 karakter. Namun, hal ini menjadi keuntungan sekaligus tantangan bagi perusahaan untuk dapat membuat pesan yang singkat, padat, dan jelas. Pesan singkat, dapat dibaca dan dipahami lebih cepat oleh pelanggan, dibandingkan pesan email yang cenderung panjang, dan pelanggan cenderung malas untuk membaca pesan terlalu panjang.

Apigo, Layanan SMS API

SMS API (Application Programing Interface), merupakan sebuah program yang dapat membantu Anda untuk menerapkan Application to Person (A2P) Messaging, yakni mengirim banyak SMS dari mesin ke pengguna ponsel. Tidak hanya mengirimkan pesan dalam jumlah banyak dan cepat, dengan SMS API Anda dapat memodifikasi nama Sender ID sebagai nama pengirim SMS. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknologi API sebagai media pengiriman kode OTP dan reminder otomatis ke pelanggan Anda.

Apigo merupakan layanan SMS API, memiliki beragam layanan yang dapat membantu Anda. Layanan tersebut berupa custom Sender ID, SMS OTP, SMS Reminder/ Notification, SMS Location Based Advertising (LBA), dan SMS Profile Based Advertising (PBA). Layanan-layanan ini dapat membantu Anda untuk menghubungkan brand dengan pelanggan. Bila Anda tertarik untuk mempelajari ragam fitur Apigo, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini.