5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

Layanan SMS API atau penggunaan teknologi API untuk SMS memiliki fitur untuk dimanfaatkan. Tidak hanya sebatas SMS Broadcast dan Authentication, terdapat 5 fitur untuk menunjang bisnis Anda.

Pengiriman pesan yang langsung, cepat dan open-rate yang tinggi membuat SMS memiliki potensi di era serba digital. Dengan perpaduan dengan teknologi API, kegiatan bisnis Anda akan semakin mudah dan inovatif dengan SMS API.

Sebagai platform Telco API, Apigo menyediakan SMS API beserta beragam fitur telco operator yang bisnis Anda dapat optimalkan. Apigo menjalankan beragam hal mulai dari integrasi API Gateway hingga koneksi API Gateway. Terdapat 5 fitur utama dari Apigo Messaging yang dapat Anda manfaatkan.

Account Notification

Di balik digitalisasi yang tengah terjadi ini terdapat potensi kerawanan. Banyak pihak yang berupaya mencari akses terhadap suatu account. Tujuannya beragam mulai dari pencurian data, penggunaan untuk transaksi, hingga pemanfaatan untuk tindakan negatif. Oleh sebab itu, keamanan sebuah account perlu diperhatikan.

Terkait hal tersebut, layanan messaging bisa berperan besar. Pelaku bisnis dapat melindungi account pelanggannya dengan sistem account notification.

Seperti apa itu? Contoh mudah ialah terkait tindakan-tindakan penting seperti perubahan password, login, hingga transaksi di perangkat yang tidak dikenal.

Berkat account notification, hal tersebut dapat diketahui dengan cepat. Notifikasi akan dikirimkan lewat SMS ke pemilik account. Ini membuat mereka sadar terhadap aktivitas di account. Akibatnya pengguna bisa mengambil tindakan yang diperlukan.

Kelebihan dari SMS adalah pengiriman informasi tanpa perlu adanya paket data di sisi customer. Informasi sampai tepat waktu, tanpa adanya hambatan.

SMS Reminder

Layanan Telco API seperti SMS Reminder bisa menjadi salah satu sarana pendongkrak performa bisnis. Sistem kerjanya simpel. Pelaku usaha bisa mengirimkan pesan ke pelanggan untuk mengingatkan atas satu hal.

Hal ini bisa diterapkan di berbagai bidang bisnis tanpa ada batasan. Pebisnis hanya tinggal mengatur pengingat ke momen-momen tertentu yang diinginkan. Sebagai contoh SMS Reminder dari bengkel untuk mengingatkan jadwal servis berkala yang harus dilakukan.

Langkah itu terlihat sederhana, namun penting dari sisi customer dan bisnis Anda. Customer mendapatkan personal assitant untuk mengingatkan setiap kegiatan. Sedangkan Anda akan merasakan feedback berupa customer experience dan engagement yang meningkat.

Pengiriman pesan melalui SMS nyaris tidak pernah terlewatkan. Berdasarkan data sekitar 98 persen pesan akan dibaca. Tidak perlu lama, sebagian besar pengguna yang sudah membacanya dalam jangka waktu tiga menit saja.

Authentication

Saat ini membuat account apa pun begitu mudah. Cukup mendaftarkan dengan email, account baru telah dimiliki. Namun, hal tersebut mengandung risiko. Keabsahan pemilik account dipertanyakan.

Bagi pelaku bisnis, authentication atau otentifikasi account amat penting. Sebab, bisa saja mereka tengah berupaya menggarap program membership. Tanpa account yang terverifikasi, upaya tersebut bisa sia-sia.

Untuk menghindarinya, pemanfaatan layanan Telco API seperti otentifikasi menggunakan SMS. Proses otentifikasi dapat dilakukan dengan mengirim pesan ke pemilik account.

Pengiriman pesan verifikasi melalui SMS dirasa lebih valid dibanding lewat email. Sebab, nilai nomor telepon jauh lebih tinggi dibanding email. Terlebih adanya tahap verifikasi data diri yang dilakukan telco operator beberapa waktu yang lalu. Sehingga nomor telepon lebih otentik untuk setiap pengguna.

SMS Marketing

Pebisnis bisa memanfaatkan SMS untuk berbagai hal termasuk pemasaran. Katakanlah ada sebuah program khusus yang dijalankan. Untuk mengabarkannya, SMS Marketing bisa dijalankan.

Targeted advertising, Anda memiliki kebebasan untuk tidak memiliki nomor telepon. Cukup memberikan detail target yang dituju. Targeted advertising dibagi menjadi dua metode, location based dan user profile based.

Dengan demikian upaya untuk mempromosikan sebuah program yang dilakukan tidak sia-sia. Banyak pihak yang ditarget tahu kegiatan yang dilakukan dan ikut berpartisipasi.

SMS Broadcast

Pelaku usaha bisa mengirim pesan dengan metode SMS broadcast. Anda dapat mengirimkan pesan ke nomor yang telah Anda miliki. Cukup memasukan daftar nomor telepon dengan metode import excel atau manual, Anda sudah bisa mengirimkan pesan ke member/customer Anda.

Inilah salah satu penggunaan layanan messaging untuk bisnis yang paling populer. Pebisnis bisa mengirimkan pesan ke banyak pihak hanya dalam satu kali klik.

Langkah ini dirasa efektif dalam berbagai aspek mulai dari waktu maupun biaya. Tidak ada perlu mengontak pihak yang ditarget satu per satu. Selain boros, hal itu akan sangat lama. Memanfaatkan salah satu bentuk layanan Telco API seperti SMS broadcast ini bakal membantu kinerja bisnis.

SMS API dari Apigo Messaging

Secara umum, Apigo Messaging merupakan layanan broadcast SMS, MMS, atau USSD terprogram maupun berbasis Web yang bisa diakses 24 jam dan dari mana saja. Programmable SMS ini dapat diintegrasikan dengan menggunakan REST API maupun SDK untuk iOS maupun Android.

Pemanfaatannya akan sangat membantu bisnis. Sebab, layanan messaging merupakan salah satu sarana pemasaran yang ampuh serta memiliki kemampuan menciptakan relasi dengan pelanggan. Pelajari lebih lanjut produk Apigo messaging pada halaman berikut atau langsung tanyakan dengan mengontak tim customer service kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.