4 Cara Perusahaan Fintech Menggunakan SMS | Apigo.id

4 Cara Perusahaan Fintech Menggunakan SMS

Jika Anda berada di perusahaan Fintech dan Anda belum pernah mempertimbangkan peran yang dimainkan SMS dalam pemasaran dan komunikasi, inilah kesempatan Anda.

Pesan teks bukan lagi sesuatu yang hanya digunakan orang untuk berkomunikasi secara pribadi. Semakin banyak bisnis yang menggunakannya untuk menjangkau customer mereka, termasuk perusahaan Fintech.

Ketika Anda melihat industri jasa keuangan (fintech), cukup jelas segmen mana yang menjadi fokus perusahaan. Adaptasi teknologi yang baik dan kesadaran akan keuangan berada di Generasi Y. Berbeda dengan generasi lainnya, baik yang lebih muda atau lebih tua, yang adaptasi dan kesadaran tidak setinggi Generasi Y.

Dalam generasi Y sendiri, Anda harus melihat lebih dalam. Jelas ada perbedaan antara Generasi muda Y dan Generasi tua Y. Keduanya tidak bisa disamakan lalu dijangkau sekaligus.

Generasi muda Y adalah kelompok usia 18-24 tahun yang memiliki aset rendah, sebagian besar adalah pelajar, dan memiliki pola pikir mobile-first. Mereka juga kurang memantau atau mengelola keuangan pribadi.

Generasi tua Y. Orang-orang ini berusia 25-34 tahun, bekerja penuh, memiliki aset yang berkembang, berinvestasi, dan lebih cenderung memantau dan mengelola keuangan pribadi mereka.

Generasi muda Y memprioritaskan menghindari kegagalan keuangan dan tertarik untuk menerima peringatan tentang tagihan mendatang atau peringatan batas kredit. Generasi tua Y memprioritaskan kontrol dan ingin menerima peringatan tentang transaksi yang tidak biasa dan ambang transaksi.

Meskipun mempunyai kebutuhan yang berbeda, keduanya membutuhkan fintech sebagai media pembayaran dan mengelola keuangannya dengan baik.

Selain peforma dan layanan yang diberikan dari perusahaan Fintech, saluran komunikasi dan beberapa penunjangan ini dapat membantu Anda menjadi lebih unggul dan memberikan layanan terbaik. SMS sebagai saluran komunikasi yang sudah digunakan sejak lama dapat menghadirkan keuntungan untuk Anda lewat 4 cara dibawah ini.

4 Cara Perusahaan Fintech Menggunakan SMS untuk Menjangkau Gen Y

Saluran komunikasi apa yang sudah Anda gunakan? Email atau push notification? ini saatnya SMS dimaksimalkan untuk perusahaan Fintech. Dengan jangkauan ke semua jenis handphone dan lokasi, SMS menghadirkan kemudahan untuk Anda menjangkau customer dan sebaliknya Anda dapat menghadirkan kecepatan informasi untuk customer. Secara khusus, berikut adalah beberapa cara mereka menggunakannya untuk hasil yang efektif:

1. Two-Factor Authentication / Otentikasi Dua Faktor
Dengan kejahatan dunia maya yang terus meningkat, perusahaan keuangan tidak dapat membiarkan data pelanggan mereka bocor dalam bentuk atau mode apa pun. SMS dapat menjadi solusi terbaik untuk memperkuat keamanan akun. Authentication membuat setiap aktivitas penting membutuhkan kode unik untuk masuk ke layanan Anda. Dengan jaminan data pengguna yang asli, nomor telepon dapat dijadikan pilihan.

2. Payment Reminders/Pengingat Pembayaran
Generasi Muda Y khawatir tentang salah langkah keuangan tetapi tidak selalu cukup aktif untuk menangani semua tanggung jawab. Anda dapat memudahkan generasi Muda Y dengan SMS Reminder untuk mengingatkan tagihan atau kesalahan yang dilakukan customer Anda dengan SMS.

3. Informasi yang Real-Time
SMS dapat menghadirkan komunikasi real time dan cepat kepada pelanggan. 83% dari pesan teks dibuka dalam 90 detik. 90% dari pesan teks dibaca dalam 3 menit, dan 98% dibaca dalam 10 menit. Ketika pesan SMS berisi URL di dalam isi pesan, pengguna mengklik tautan tersebut dengan rate lebih tinggi (36%) daripada untuk email dengan tautan (3%). Jadi tidak mengherankan bahwa 80% dari perusahaan jasa keuangan saat ini menggunakan atau berencana menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau karyawan mereka.

4. Pemasaran
Banyak perusahaan keuangan menggunakan SMS untuk meningkatkan upaya marketing mereka. Saat perusahaan sudah memiliki data customer, perusahaan dapat mengirim penawaran dan pembaruan informasi baru. SMS seperti ini dapat meningkatkan penjualan dan customer engagement.

Apigo Messaging Membantu Anda Untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan

Bersama Apigo, aktivitas pengiriman pesan dengan SMS dapat berjalan dengan mudah. Anda cukup menuliskan pesan singkat SMS, memasukkan database nomor pelanggan yang akan Anda kirimkan SMS, kemudian mengatur jadwal secara otomatis kapan SMS akan terkirim.

SMS API dapat membantu Anda mengirimkan pesan ke banyak nomor, dengan cara yang efektif karena pesan sudah menggunakan ID sesuai dengan nama bisnis Anda.

Apigo messaging adalah layanan distribusi yangd apat membantu Anda untuk jalin kedekatan dengan pelanggan. Dengan Apigo, Anda dapat mengirimkan SMS API dengan mudah dan cepat. Untuk mempelajari berbagai solusi yang tersedia dari ragam produk Apigo, Anda dapat menghubungi halaman berikut ini. Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera jalin kedekatan dengan pelanggan Anda, untuk meningkatkan loyalitas secepatnya!