Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API | Apigo.id

Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API

Persaingan bisnis logistik semakin ketat, sejauh apa Anda mampu menjaga loyalitas para pelanggan?

Revolusi Industri 4.0 semakin melesat. Semua transaksi menuju online. Bahkan Anda tidak perlu lagi pergi menerjang kemacetan di jalan, untuk membeli baju lebaran. Cukup dengan klik di toko online, barang akan segera tiba di rumah Anda. Pesatnya bisnis online linear dengan peningkatan bisnis logistik.

Brand bisnis logistik semakin banyak ragamnya, menawarkan layanan yang berbeda-beda. Kompetisi bisnis logistik semakin ketat. Pelanggan yang ingin belanja online pun, pasti ingin barangnya dikirim dengan jasa logistik yang memiliki kredibilitas, harga bersahabat, dan layanan memuaskan. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis logistik untuk dapat bersaing memenangkan hari pelanggan?

Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik

Pada dasarkan produk jasa yang ditawarkan oleh bisnis logistik adalah sama, yakni mengirimkan barang titipan pelanggan ke alamat yang dituju. Namun, yang membedakan adalah model bisnisnya. Bagaimana aturan manajemen terhadap karyawannya, pun bagaimana marketing yang diterapkan kepada pelanggannya.

Marketing memang penting, namun Anda juga harus waspada dengan potensi pelanggan berpindah ke lain hati. Anda perlu melakukan perawatan pelanggan, dengan cara memberikan pelayanan yang menjawab kebutuhan. Pertama, pelanggan selalu merasa resah apabila barang yang dikirimnya rusak. Kedua tidak ada tracking status sehingga barang yang dikirim berpotensi tidak sampai kepada penerima. Merawat pelanggan berarti menjawab kebutuhannya. Menjawab keresahan pelanggan dalam hal keutuhan barang maupun tracking status.

Untuk menyelesaikan masalah keutuhan barang, pertama Anda dapat membuatkan himbauan membungkus dengan aman kepada para pelanggan, seperti dilapis plastik atau bubble wrap. Himbauan ini dapat Anda pasang di agen-agen pengiriman bisnis logistik Anda. Kedua, Anda dapat menyediakan layanan bungkus aman. Barang yang dititipkan pelanggan, dilapis lagi bungkusnya oleh petugas, agar potensi kerusakan berkurang. Ketiga, himbau karyawan Anda untuk berhati-hati ketika melakukan pemindahan barang, agar tidak terjadi kerusakan yang dapat mengecewakan pelanggan.

Nah, untuk menjawab permasalahan tracking status, Anda dapat menggunakan SMS API untuk mengatasinya. Bagaimana cara kerjanya?

SMS API Menjawab Keluhan Pelanggan

Short Message Service Application Programning Interface atau SMS API merupakan sebuah program SMS yang dikirim dari mesin komputer ke ponsel pelanggan secara massif dan cepat. SMS API dapat digunakan untuk berbagai keperluan marketing dan keamanan. Selain untuk marketing atau promosi, SMS API juga dapat digunakan sebagai SMS Tracking Status bisnis logistik Anda.

Agen pengiriman mencatat informasi paket pelanggan berkaitan dengan identitas penerima dan pengirim paket, serta informasi isi paket. Informasi ini akan dikirim secara online ke pusat, dan kemudian mendapatkan nomor resi atau nomor pengiriman yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melacak pengiriman, juga digunakan oleh jasa logistik untuk menyortir barang yang akan dikirim.

Untuk mengecek status posisi barang, pelanggan perlu repot-repot membuka browser dan memasukkan nomor resi untuk mengecek status pengiriman. Jika koneksi sedang terganggu, pengecekkan status pengiriman secara manual akan merepotkan pelanggan. Industri 4.0 selalu menawarkan kemudahan. Semakin mudah sebuah produk akan semakin dilirik oleh pelanggan. Dengan SMS API, Anda dapat memberikan jalan yang mudah untuk pelanggan mendapatkan informasi tracking status.

Setiap kali barang berpindah dari pos pengiriman ke pos lainnya, agen akan melalukan sortir barang dan meng-input nomor resi. Nomor resi yang ter-input akan menjadi informasi bagi pusat di mana lokasi barang tersebut. Informasi ini juga akan didistribusikan ke website, untuk pelanggan dapat memeriksa status barangnya.

Lalu bagaimana caranya agar informasi tracking status bisa sampai ke ponsel pelanggan secara otomatis? Anda perlu menggunakan layanan Apigo Messaging. Apigo akan menjadi penghubung untuk Anda mendistribusikan status posisi barang pelanggan dengan menggunakan SMS API. Apigo akan membantu integerasi informasi tracking status yang Anda miliki dengan informasi yang diterima oleh pelanggan melalui SMS.

Mengapa SMS API?

  1. Berdasarkan hasil studi perbandingan marketing antara email dan SMS, SMS memiliki open rate atau atau potensi dibaca sebesar 98%. Estimasi waktu pesan dibaca setelah diterima ponsel selama 3 menit. SMS masih mendapatkan perhatian dari pelanggan, dan pesan Anda akan dibaca.
  2. Dengan SMS, Anda dapat mengatur/custom Sender ID. Napa pengirim dari pesan yang akan diterima oleh pelanggan, adalah nama brand bisnis logistik Anda. Tampilannya bukan berasal dari nomor asing, sehingga menunjukkan bahwa SMS yang Anda kirim bukanlah penipuan.
  3. SMS API dikirim melalui mesin komputer, sehingga Anda tidak perlu mengabarkan secara manual.
  4. Pelanggan tidak perlu lagi repot-repot memeriksa resi secara manual, tidak perlu lagi bergulat dengan koneksi internet yang lambat, secara otomatis mereka akan mendapatkan informasi tracking status secara otomatis. Kemudahan ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand bisnis logistik Anda.
  5. SMS API dapat menjangkau berbagai jenis ponsel apapun. Jadi walaupun pelanggan Anda bukan pengguna smartphone, mereka tetap bisa menerima layanan Anda.

SMS API sebagai SMS tracking status pengiriman bisnis logistik Anda akan mereduksi keluhan pelanggan. Pelanggan tidak perlu lagi khawatir akan paket kirimannya. Nah, jadi tunggu apalagi? Pelajari lebih lanjut produk-produk penuh solusi dari Apigo Messaging.

Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API | Apigo.id

Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API

Kedekatan Customer terhadap Brand Produk Menciptakan Loyalitas

Mendapatkan pembeli baru itu penting, namun merawat pelanggan yang pernah membeli produk tidak kalah pentingnya. Dengan perawatan pelanggan yang tepat, loyalitas customer terhadap brand produk Anda dapat terbangun dengan baik. Customer yang loyal, secara otomatis akan selalu membeli produk Anda. Oleh sebab itu Anda perlu jalin kedekatan dengan customer.

Nah, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalin kedekatan dengan customer:

1. Pilih Pelanggan yang Ingin Anda Jalin Kedekatan dengan Customer

Anda perlu memilih pelanggan yang mana, yang akan Anda jalin kedekatannya. Pelanggan potensial ini adalah mereka yang berpotensi untuk membeli produk Anda berulang kali. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kedatangan pelanggan, intensitas akun belanjanya, barang yang dibeli, dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu bagi Anda mendapatkan data basic yang dimiliki pelanggan, seperti nomor ponsel dan email.

Pelanggan yang Anda pilih tidak harus “pelanggan yang sudah membeli” produk berkali-kali. Pelanggan yang baru membeli produk pun juga dapat dibangun kedekatannya dengan brand produk. Namun, Anda tetap harus dapat menganalisis pelanggan baru yang memiliki potensi untuk loyal. Agar sumber daya yang Anda kerahkan untuk jalin kedekatan dengan customer, tidak terbuang sia-sia.

2. Tentukan Nilai Brand Produk yang Ingin Anda Tawarkan

Sebuah kedekatan dapat terjalin jika konsumen memegang value atau nilai yang sama dengan brand. Misalnya, brand mengangkat nilai-nilai kreativitas, dan di saat yang bersamaan konsumen juga meyakini nilai tentang kreativitas. Kesamaan inilah yang membuat konsumen merasa dekat dengan produk. Orang-orang yang memiliki kesamaan nilai akan lebih mudah saling menyukai. Oleh sebab itu, pilihlah value produk yang sekiranya dimiliki oleh pelanggan Anda.

3. Pilihlah Media Komunikasi yang Tepat untuk Jalin Kedekatan

Kedekatan dapat dibangun dengan komunikasi personal yang baik. Anda dapat menggunakan SMS API sebagai media komunikasi untuk jalin kedekatan dengan customer.

Apa itu SMS API?

SMS API atau Short Message Service Application Programming Interface, adalah pesan SMS yang dikirim melalui mesin yang diprogram untuk mengirimkan pesan secara otomatis. Anda dapat membuat sender ID sesuai dengan nama brand, dan mengirim pesan secara singkat, cepat, dan massif tanpa perlu mengetik manual.

Kenapa Menggunakan Media SMS?

SMS adalah alat komunikasi teks default yang berada di setiap ponsel. Anda dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan, apapun jenis ponsel yang mereka gunakan. Selain itu, SMS juga bersifat personal dibandingkan dengan sosial media yang sifatnya jauh lebih umum. SMS memiliki potensi dibaca oleh pelanggan jauh lebih besar dibandingkan media selainnya. Berdasarkan penelitian media marketing, bahwa SMS memiliki open rate sebesar 94% dibandingkan email.

Keterbatasan karakter SMS, dapat menantang Anda menuliskan pesan singkat padat dan jelas. Pesan yang seperti itu akan lebih mudah dipahami secara keseluruhanm dibandingkan pesan iklan yang bertele-tele. Pesan iklan terlalu panjang cenderung lebih mudah di-skip oleh pelanggan. Anda dapat mengirim SMS kepada pelangan dengan mudah, dengan menggunakan jasa layanan SMS Gateway atau SMS API dari Apigo.

Apigo dapat membantu Anda mengirimkan pesan SMS secara singkat, cepat, massif, dan otomatis. Melalui mesin komputer, yang dikirimkan kepada pelanggan, sehingga Anda tidak perlu repot secara manual mengirimkan pelanggan pesan SMS. Untuk mempelajari berbagai solusi dari produk Apigo, Anda dapat mengunjungi link berikut ini.

4. Perhatikan Bentuk Konten Anda, Sesuai dengan Karakter Pelanggan atau Tidak

Konten atau pesan yang akan Anda berikan kepada customer, untuk menjalin kedekatan, perlu menggunakan bahasa akrab yang sedang hits kekinian. Selain itu, bahasa yang digunakan juga harus sesuai dengan karakter pelanggan Anda. Jika Anda menggunakan bahasa yang terlalu formal untuk pelanggan anak muda, tentu tidak akan muncul titik temu untuk jalin kedekatan. Maka dari itu, Anda perlu untuk update bahasa atau julukan sesuai dengan tren yang sedang berkembang.

5. Bangun Sistem Kepuasan Pelanggan

Sistem kepuasan pelanggan perlu dibentuk agar pelanggan puas dan mau membeli lagi. Kepuasan ini juga dapat berdampak pelanggan merekomendasikan produk ke orang terdekat tanpa diminta. Membangun kepuasan pelanggan dimulai dari kualitas produk yang Anda tawarkan. Kemudian bentuk-bentuk pelayanan yang membuat pelanggan senang membeli brand Anda.

SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 yang untuk Brand | Apigo.id

SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 untuk Brand

Satu peluang yang menjanjikan yang sering dilupakan adalah SMS marketing. Saatnya mengenal lebih dekat mengapa Anda perlu mempertimbangan SMS Marketing dan cara menggunakannya secara efektif.

Tanpa mengenal apa itu SMS marketing, menaruh kepercayaan pada marketing channel ini sebagai strategi marketing di tahun 2019 Anda sulit rasanya. Mari kenali lebih dahulu mengenal SMS marketing dan mengapa harus menggunakan marketing channel tersebut.

Continue reading
Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda | Apigo.id

Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda

Komunikasi dengan SMS API menghadirkan kemudahan untuk pelaku bisnis mengirimkan pesan pengingat, promosi dan berbagai informasi penting ke customer Anda secara efektif dan efisien.

Komunikasi di era teknologi informasi kian penting. Sekarang ini Anda mengenal website dan social media untuk menjangkau masyarakat luas untuk berpromosi dan menjalin customer support. Berbeda dengan dahulu, dimana kita mengenal kegiatan promosi melalui billboard dan koran, lalu proses customer support lewat panggilan telepon.

Continue reading
Tebar Kupon Promosi Melalui SMS Location Based Advertising (LBA) | Apigo.id

Tebar Kupon Promosi Melalui SMS Location Based Advertising (LBA)

Tarik Minat Pelanggan dengan tebar kupon promosi.

Promosi adalah komponen penting dalam proses meraih keuntungan perusahaan. Tanpa promosi, brand produk Anda tidak dapat dikenal baik oleh konsumen. Sebuah proses untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen kepada produk Anda. Salah satu cara untuk menarik minat konsumen dengan menggunakan kupon promosi.

Continue reading
Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan | Apigo.id

Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan

SMS adalah salah satu media yang dapat Anda manfaatkan untuk aktivitas marketing.

Marketing sangat dibutuhkan untuk mengenalkan brand produk kepada konsumen, agar mereka dapat memahami manfaat produk. Setelah memahami pentingnya nilai produk, mereka akan membeli produk tersebut. Salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk marketing adalah SMS. Anda dapat mengirimkan berbagai macam SMS marketing kepada konsumen.

Continue reading
Peace of Mind dengan SMS API

Peace of Mind dengan SMS API

Sudah saatnya para pelaku bisnis menghadirkan peace of mind dengan menerapkan otomatisasi agar terciptakan kemudahan dan kecepatan proses kerja bisnis. SMS API adalah solusi untuk menerapkan otomatisasi dalam pekerjaannya.

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menjalankan bisnis Anda dalam sehari? Apakah sudah menghadirkan peace of mind untuk diri Anda? Mari berhitung!

Continue reading
Ingin Bisnis Kuliner Anda Ramai Pengunjung, Baca Tips Berikut Ini. Temukan di apigo.id/blog

Ingin Bisnis Kuliner Anda Ramai Pengunjung, Baca Tips Berikut Ini

Apakah anda yakin, bisnis kuliner Anda tidak akan mati dan gulung tikar?

“Bisnis kuliner tidak ada matinya!” begitu yang biasanya kita dengar. Memang, makanan adalah kebutuhan pokok, namun pertanyaannya apakah setiap orang butuh memakan kuliner yang Anda jual? Sebab itulah, selain tidak mati, bisnis kuliner juga sangat ketat persaingannya. Jika tidak mampu bersaing, siap-siap bisnis kuliner Anda gulung tikar. Anda membutuhkan inovasi yang harus diterapkan, untuk bersaing memasarkan produk kuliner.

Continue reading
Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui. Temukan di apigo.id/blog/

Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui

SMS LBA sebagai alternatif tools marketing yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Anda pasti familiar dengan SMS atau Short Message Service. Layanan ini menjadi default komunikasi pesan teks yang hadir sejak pertama kali ponsel ditemukan, hingga sekarang ponsel memiliki ragam yang berkembang. Walaupun kini sudah ada berbagai aplikasi pesan teks untuk berkomunikasi, SMS tetap menjadi andalan, sebab tidak membutuhkan jaringan internet. Bagaimana dengan SMS LBA, apakah Anda sudah mengenalnya?

Continue reading
Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Menjadikan restoran ramai pengunjung tidak mudah, karena persaingan bisnis kuliner cukup tinggi. Namun, SMS API dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Setiap orang butuh makan, apalagi para pekerja perusahaan, yang tidak selalu membawa bekal ke kantor. Setiap jam istirahat mereka akan mencari makanan yang sesuai dengan kantong dan perut. Mudah dijangkau dan enak memuaskan. Saat jam makan siang, tidak sedikit restoran ramai pengunjung, namun tidak sedikit pula yang sepi pengunjung.

Continue reading
Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Promosikan brand dengan profile based advertising, akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Profile based advertising merupakan cara promosi berdasarkan target profil pelanggan. Hal ini penting agar penyampaian pesan promosi dapat tepat sasaran. Selama ini, bagaimana cara Anda menyampaikan promosi kepada calon pelanggan? Tepat sasaran? Pesan dikirim asal sebar? Bila demikian tentu cara Anda sangat tidak efisien, dan hanya membuang tenaga, dana, dan waktu.

Continue reading
Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Layanan SMS mati? Rumor mengatakan SMS sudah tidak laku lagi. Benarkah demikian?

Apakah Anda ingat pertama kali rasanya menerima pesan SMS? Takjub? Senang? Ingin terus berkirim pesan? Layanan SMS atau Short Message Service, merupakan perangkat dasar dari setiap ponsel.

Continue reading
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

SMS marketing menjadi salah satu media yang cukup diminati perusahaan untuk memasarkan produknya.

Setiap device ponsel memiliki fitur SMS (short message service). Berdasarkan penelitian, SMS memiliki open rate sebesar 98%, dan dibuka oleh pengguna ponsel kurang dari 3 menit. Kondisi ini menjadi peluang bagi para pengusaha untuk melakukan SMS marketing.

Continue reading
Layanan SMS API Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Layanan SMS API Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Orang-orang banyak yang menganggap SMS tidak diperlukan lagi. Semua sudah beralih ke kuota dan jarang memiliki pulsa. Sehingga, SMS dianggap tidak laku lagi. Benarkah demikian?

Layanan SMS API, dewasa ini merupakan peluang untuk mengkomunikasikan produk brand Anda. Seperti yang kita ketahui, media komunikasi mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dari kurir pengirim pesan, kartu telegram, surat kertas yang dikirim burung merpati, hingga berubah menjadi pager. Pager pun redup industrinya sejak berhasil dikomersilkannya layanan SMS sejak tahun 1993.

Kemudian tahun 1992 jaringan internet saling terhubung satu sama lain di setiap komputer, sebagai alat komunikasi jarak jauh. Internet terus berkembang hingga tahun 2000-an kita sudah dapat menikmati berbagai layanan sosial media. Sosial media pun mengalami pasang surut. Berbagai platform ada yang gulur tikar, ada pula yang masih eksis hingga saat ini.

Continue reading
Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Banyak sekali tantangan yang dihadapi para pebisnis ritel. Perlu diterapkannya cara khusus untuk optimalkan bisnis ritel.

Bisnis ritel adalah usaha penjualan barang-barang seperti makanan, pakaian, sepatu, dan sejenisnya, dalam jumlah yang banyak. Bisnis ritel cenderung memiliki variasi barang-barang. Anda dapat melihat contoh-contoh bisnis ritel, seperti toko swalayan, minimarket, toko pakaian, toko tas dan sepatu.

Continue reading
Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Optimalkan bisnis toko fisik Anda dengan SMS Location Based Advertising (LBA). Teknologi ini memiliki berbagai keuntungan untuk menunjang bisnis Anda.

Location Based Advertising (LBA) adalah teknologi yang mampu mengatasi toko fisik Anda dewasa ini. Banyak diberitakan, pergeseran model bisnis terus terjadi. Setiap industri menuju online.

Continue reading
Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Marketing hal yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis. Anda dapat menggunakan media komunikasi A2P SMS untuk menyebarkan pesan promosi.

Memilih media komunikasi promosi tentu perlu dipertimbangkan matang-matang. Mana saja media komunikasi yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Bisnis tanpa promosi yang tepat, akan menciptakan kerugian yang amat berat.

Continue reading
PlaySMS danSelamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual Pengaruhnya pada Pelanggan

PlaySMS dan Pengaruhnya pada Pelanggan

PlaySMS bisa menjadi cara bagi pelaku usaha untuk mendekati pelanggannya. Dengan pemanfaatan PlaySMS, mereka bisa mendekatkan diri dan selalu ada untuk konsumennya.

Perubahan terjadi sangat drastis akhir-akhir ini. Perkembangan teknologi seperti Playsms menjadi contoh perkembangan digital. Ini membuat hubungan pelaku usaha dengan pelanggan berubah. Konsumen tidak bisa lagi didekati dengan cara lama.

Continue reading

Mengelola Big Data Sebagai Bahan Bakar Bisnis Teknologi

Mengelola Big Data Sebagai Bahan Bakar Bisnis Teknologi

Kemampuan mengelola big data adalah sebuah keharusan. Big data menjadi bahan bakar untuk menjalankan bisnis teknologi masa kini.

APIGO – Di era revolusi industri 4.0, big data adalah bahan bakar baru yang sangat membantu perkembangan bisnis teknologi. Bagaimana mengelola big data agar dapat menguntungkan, dikupas dalam event seminar diskusi CTO Meetup Jakarta (Chief Technology Officer), yang bertema “How to monetize the big data for your business?”. Acara ini berkolaborasi dengan Apigo dan Datacomm, diadakan di Hall Function PT Datacomm Diangraha, Kapten Tendean, Jakarta Selatan, pada Hari Kamis, 28 Maret 2019.

Continue reading
Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Di era penuh persaingan usaha, sudah saatnya Anda ciptakan Customer experience untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ekonomi menjadi hukum alam yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Untuk meningkatkan kualitas ekonomi, marketing dilakukan agar barang/jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen. Marketing mengalami inovasi strategi, dari pasang iklan di media konvensional sampai menerapkan strategi untuk menciptakan customer experience.

Continue reading
Solusi Auto Reply SMS untuk Layanan Customer Service

Solusi Auto Reply SMS untuk Layanan Customer Service

SMS bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri dengan pelanggan yang efektif. Perkembangan teknologi menghadirkan varian pemanfaatan SMS seperti Auto Reply SMS menjadi contoh.

Auto Reply SMS merupakan sistem yang bisa menjawab SMS secara otomatis. Dengan ini, satu institusi tidak perlu repot memantau setiap SMS yang masuk selama 24 jam. Cukup dengan menggunakan Auto Reply SMS, pelanggan akan merasa terus ditemani sepanjang hari. Pasalnya, selalu bisa ada balasan terhadap pesan yang dikirimkan.

Continue reading

DTalk: Mengenal Big Data dan Bagaimana cara Monetize Lewat Diskusi Bersama CTO dan Product Manager

Saatnya Mengenal Big Data dan Cara Memonetisasinya Bersama CTO Meetup dan Telunjuk.com, Gratis!

Di era informasi, Data is the new oil. Sangat berharga tetapi juga sangat sulit untuk ditambang (didapatkan). Data menjadi entitas yang penting nan sensitif untuk dapat dimiliki. Mulai dari insight baru atau acuan strategi selanjutnya, data berpotensi menimbulkan masalah privasi ketika dikeloka dengan tidak baik.

Continue reading
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Tingkatkan Pelayanan Nasabah Dengan SMS API

Tingkatkan pelayanan nasabah Anda dengan SMS API, agar dapat menjadi Bank yang semakin unggul dalam memberikan pelayanan.

Bank merupakan institusi yang sangat berperan penting dalam masyarakat. Tidak sedikit bank yang saling berlomba untuk tingkatkan pelayanan nasabah, agar nasabah yang dimiliki semakin loyal dan tidak beralih ke bank lain.

Continue reading
Bisnis Jasa Pengiriman: Gunakan Layanan ini untuk Meningkatkan Nilai Bisnis Anda

Bisnis Jasa Pengiriman: Gunakan Layanan ini untuk Meningkatkan Nilai Bisnis Anda

Seiring meningkatnya transaksi online, persaingan di bidang jasa pengiriman juga semakin ketat. Maka dari itu, diperlukan layanan yang dapat memberikan nilai tambah untuk bisnis.

Bisnis jasa pengiriman terliihat semakin menjanjikan. Sebab transaksi online semakin meningkat peminatnya. Tidak sedikit perusahaan yang mengembangkan sayapnya untuk membuka bisnis jasa pengiriman. Para pelaku bisnis tentu akan saling berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Continue reading
Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Antara SMS dan Email, manakah yang lebih efektif sebagai media komunikasi promosi?

Media komunikasi adalah hal yang wajib digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan marketing kepada pelanggan. Dengan pesan yang disampaikan, pelanggan akan mengetahui keberadaan Brand Anda. Apalagi jika pesan yang Anda kirimkan sesuai dengan target pelanggan, serta dapat menjawab kebutuhan mereka.

Continue reading
Manfaat SMS API Sebagai Notifikasi Brand Anda

Manfaat SMS API Sebagai Notifikasi Brand Anda

Tak ada kepastian, tentu meresahkan. Manfaatkan SMS API sebagai notifikasi berita penting untuk pelanggan Brand Anda.

Setiap pengusaha ingin bisnisnya bekembang dengan pesat. Salah satu cara membuat bisnis berkembang dengan meraih customer experience. Sebuah pencapaian untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara langsung terhadap brand Anda.

Continue reading
TCash Menjadi Link Aja: Metode Pembayaran Yang Memudahkan

TCash Menjadi LinkAja: Metode Pembayaran Yang Memudahkan

Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap, serta dapat terkoneksi dengan telco lainnya, TCash mengganti namanya menjadi LinkAja.

Lebih dari 10 tahun TCash telah beroperasi dengan pencapaian baik di Indonesia. Pada tahun 2019, tepatnya tanggal 21 Februari.

Continue reading
Gunakan SMS API Sebagai Reminder Pelanggan Brand Anda

Gunakan SMS API Sebagai Reminder Pelanggan Brand Anda

Untuk mengingatkan pelanggan, Anda dapat menggunakan SMS API Sebagai reminder yang dikirimkan ke ponsel pelanggan tanpa internet.

Lupa. Hal biasa yang sering terjadi di sekitar kita, namun cukup memberikan pengaruh yang merugikan bagi diri sendiri maupun perusahaan. Sebab itulah teknologi gawai yang kita miliki tersedia fitur alarm untuk mengingatkan apa yang harus dilakukan untuk melaksanakan tugas selanjutnya.

Continue reading
Kontribusi Payment Gateway Indonesia untuk Bisnis Digital

Kontribusi Payment Gateway Indonesia untuk Bisnis Digital

Kontribusi payment gateway Indonesia yang berkualitas akan berdampak kepada bisnis Anda. Customer akan melakukan transaksi lebih mudah dan cepat sehingga arus transaksi akan meningkat.

Payment gateway adalah sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya seperti direct debit dan e-wallet. Keragaman sistem pembayaran ini dapat memberikan kontribusi payment gateway Indonesia baik bisnis maupun customer.

Continue reading

SMS Terjadwal: Atur Waktu Ideal Anda Berkomunikasi dengan Customer

SMS Terjadwal: Atur Waktu Ideal Anda Berkomunikasi dengan Customer

Peran SMS untuk perkembangan bisnis sangat besar. Pelaku usaha yang cerdas mesti memanfaatkannya. Salah satunya dengan menjalankan program SMS terjadwal dengan SMS Gateway.

Seiring dengan pemakaian ponsel sebagai bagian dari keseharian, SMS kian mendapat posisi penting dalam dunia bisnis. Salah satunya SMS terjadwal menjadi cara yang mudah dan efisien untuk menjangkau customer.

Continue reading

Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience

Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience Bisnis Anda

SMS Gateway dan payment gateway menjadi hal yang krusial di era digital. Penerapannya menjadi sarana dalam peningkatan atau optimasi customer experience yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis digital.

Dunia bisnis saat ini sudah berubah. Sikap pelanggan terhadap produk tidak lagi bisa disamakan dengan dulu. Saat ini, konsumen sudah menuntut layanan yang lebih nyaman dan mudah digunakan. Disinilah pelaku bisnis harus melakukan optimasi customer experience.

Continue reading

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Layanan Messaging untuk Customer Experience yang Lebih Baik

Kebutuhan untuk terlihat lebih ‘manusia’ dan menjalin komunikasi adalah salah satu cara meningkatkan Customer Experience. Layanan messaging menjadi solusi komunikasi antar brand dan customer.

Banyak cara untuk mendekatkan diri dengan customer. Pelaku usaha di Indonesia bisa memanfaatkan layanan messaging atau berbagi pesan seperti WhatsApp dan SMS.

Continue reading

Peluang Payment Gateway Dari Data Penetrasi Kartu Kredit yang Minim di Indonesia

Peluang Payment Gateway Dari Data Penetrasi Kartu Kredit yang Minim di Indonesia

Penetrasi credit card yang tidak tinggi memberikan peluang digital payment gateway terbuka luas di Indonesia. Ini sejalan dengan laju pertumbuhan bisnis online membuat bisnis harus memberikan solusi sistem pembayaran yang mudah namun tetap menjadi keamanan.

Perkembangan bisnis online harus diimbangi dengan sistem pembayaran secara online di Indonesia seperti keberadaan payment gateway. McKinsey memproyeksikan nilai pasar e-commerce dalam negeri pada 2020 sudah akan menyentuh angka Rp910 triliun.

Continue reading

Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Istilah payment gateway Indonesia belakangan mulai populer. Popularitasnya merangkak naik seiring dengan perkembangan bisnis online di dalam negeri. Kebiasaan customer dan kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik untuk pengguna.

Seiring dengan perkembangan bisnis online, sistem pembayaran yang mudah dan aman merupakan salah satu yang diinginkan customer. Hal ini mendorong perkembangan payment gateway Indonesia. Pelan tapi pasti, payment gateway semakin dibutuhkan.

Untuk lebih mengenalnya, dibutuhkan pemahaman tentang definisinya terlebih dulu. Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Biasanya, ini digunakan di e-commerce atau toko online.

Continue reading

Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi percakapan terpopuler. Ini menjadi peluang besar bagi bisnis online. Dengan WhatsApp API, terdapat beragam pemanfaatan untuk bisnis Anda.

Saat ini, jumlah pengguna WhatsApp sangat besar. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melaporkan bahwa pada Kuartal IV 2017, aplikasi ini memiliki pengguna aktif bulanan hingga 1,5 miliar. Jumlah ini meningkat 14 persen dibanding pada Juli 2017 yang masih di angka 1,3 miliar. Disinilah peluang Whatsapp API untuk pelaku bisnis.

Dari jumlah terbaru tersebut, pengguna aktif harian mencapai sekitar satu miliar. Dengan demikian, dalam satu hari, WhatsApp melayani 60 miliar pertukaran pesan antarpengguna di seluruh dunia.

Continue reading

Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Short Message Service (SMS) sudah dikenal banyak orang, tapi tidak dengan SMS Gateway. Padahal, kegunaannya untuk mengembangkan bisnis begitu besar. Oleh sebab itu, penting untuk tahu SMS Gateway dan pemanfaatannya.

Pada dasarnya, SMS Gateway merupakan aplikasi yang membantu untuk mengirim dan menerima SMS. Namun, ada kelebihan khusus yang dimiliki sms gateway. Platform ini menyediakan mekanisme untuk penerimaan dan pengiriman SMS dalam jumlah besar. Jumlahnya pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan demikian, bisa dikatakan, smsgateway bersifat dua arah.

Continue reading

SMS Masking : Strategi Komunikasi dengan Customer yang Lebih Personal

SMS Masking : Strategi Komunikasi dengan Customer yang Lebih Personal

SMS dapat menjadi sarana para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan customer. Sebagai alat komunikasi yang sudah lama digunakan, SMS menjadi lazim untuk pengguna handphone. Namun dengan nomor telepon, kredibilitas pesan akan menurun, disinilah peran SMS Masking untuk bisnis Anda.

Pengiriman SMS secara manual atau tanpa SMS Masking hanya membuat pesan tidak memiliki kredibilitas yang tinggi. Hal ini cukup disayangkan karena persaingan informasi atau pesan kepada customer semakin ketat ditengah perkembangan digital yang cepat.

Continue reading

Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Industri bisnis E-commerce di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat. Potensinya juga masih besar. Pelaku bisnis bisa semakin memaksimalkannya dengan pemanfaatan layanan API Gateway.

Negeri kita merupakan salah satu negara dengan potensi bisnis e-commerce yang sangat besar. Hal ini ditegaskan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Mereka menyatakan bahwa, pada 2017, potensi industri e-commerce di Indonesia sudah mencapai 8,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 107 triliun.

Continue reading

[Free E-Book] 6 Tren Telco API di Tahun 2019 yang Harus Anda Ketahui

Customer akan menjadi perhatian pelaku bisnis di 2019. Hal ini terlihat dari perkembangan digital yang telah terjadi sejauh ini. Perkembangan ini akan menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus disiapkan para pelaku bisnis di tahun 2019. Apa saja trennya? inilah 6 tren Telco API di tahun 2019.

Hari ini, kita menyadari dunia digital terus mengisi keseharian masyarakat dalam berkomunikasi, mempermudah beragam sektor bisnis, serta menciptakan beragam kemungkinan bisnis baru.

Sebagai layanan yang menghubungkan pengguna dan produk yang dibutuhkan, jaringan telekomunikasi menjadi layanan yang krusial. Tentunya, internet tidak dapat hadir tanpa adanya layanan operator telekomunikasi (telco). Namun, sudah cukupkah peran telco operator hanya sebagai penyedia layanan internet untuk masyarakat dan bisnis?

Continue reading

Promosi toko fisik Anda dengan fitur SMS LBA

SMS LBA : Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Bisnis Berbasis Toko Fisik

Perkembangan dunia digital saat ini tengah terjadi. Namun, hal ini tidak berarti perkembangan tersebut mematikan toko fisik atau offline. Dunia digital dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari digitalisasi toko fisik menggunakan layanan Telco API, seperti SMS LBA.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Pebisnis toko fisik bisa memanfaatkan fitur Location Based Advertising atau SMS LBA untuk mempromosikan bisnis Anda.

Continue reading

Membidik Potensi Digital Payment Balik Kemeriahan Mobile Game

Membidik Potensi Digital Payment Balik Kemeriahan Mobile Game

Industri mobile game di Indonesia kian meriah. Fenomena ini harus segera dioptimasi dengan memberikan layanan yang mudah dan cepat. Disinilah peran digital payment sebagai solusi metode pembayaran.

Saat ini, mobile game sebenarnya sudah menjadi bisnis yang besar. Sepintas hal itu mudah terlihat dari para pemainnya. Orang yang memainkan game di gadget masing-masing sangat gampang ditemukan.

Continue reading

5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

Layanan SMS API atau penggunaan teknologi API untuk SMS memiliki fitur untuk dimanfaatkan. Tidak hanya sebatas SMS Broadcast dan Authentication, terdapat 5 fitur untuk menunjang bisnis Anda.

Pengiriman pesan yang langsung, cepat dan open-rate yang tinggi membuat SMS memiliki potensi di era serba digital. Dengan perpaduan dengan teknologi API, kegiatan bisnis Anda akan semakin mudah dan inovatif dengan SMS API.

Sebagai platform Telco API, Apigo menyediakan SMS API beserta beragam fitur telco operator yang bisnis Anda dapat optimalkan. Apigo menjalankan beragam hal mulai dari integrasi API Gateway hingga koneksi API Gateway. Terdapat 5 fitur utama dari Apigo Messaging yang dapat Anda manfaatkan.

Continue reading

Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mungkin Anda kerap mendengar bahwa Short Message Service (SMS) sudah usang dan ditinggalkan. Ternyata perkembangan dunia digital membawa peluang baru untuk bisnis digital.

Layanan SMS memiliki potensi yang lebih kini. Berdasarkan data dari e-Marketer, pemilik smartphone telah melonjak dari angka 55 juta pada 2015 hingga menjadi 100 juta pada tahun 2018. Hal ini menjadikan negara kita hanya kalah dari Tiongkok, India, dan Amerika Serikat terkait jumlah pengguna telepon pintar yang aktif.

Melihat fakta tersebut, salah satu satu bentuk layanan Telco API seperti SMS memiliki potensi besar sebagai saluran informasi. SMS dapat menjadi sarana penunjang bisnis yang kuat.

Continue reading

SMS authentication untuk Keamanan Privasi Pengguna

SMS Authentication untuk Keamanan Privasi Pengguna

Layanan Telco API dapat memberikan beragam solusi untuk bisnis Anda, salah satunya adalah API Messaging. Layanan ini dapat Anda manfaatkan unutk meningkatkan keamanan privasi pengguna, dengan fitur SMS Authentication.

Teknologi dapat memberikan kemudahan atau sebaliknya membawa kerugian seperti kebocoran data yang pasti merugikan customer. Layanan SMS Authentication dapat Anda implementasikan unutk meningkatkan keamanan layanan Anda.

Continue reading

keberadaan-api-mendorong-perkembangan-bisnis digital

Keberadaan API Mendorong Perkembangan Bisnis Digital

Digitalisasi membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia. Sekarang, beragam kegiatan dapat dilakukan di gadget. Salah satu bagian penting dari kemudahan ini adalah peran (API) yang memungkinkan semuanya berjalan, termasuk mempermudah kegiatan bisnis digital Anda.

Banyak contoh kemudahan yang sekarang bisa Anda lakukan untuk bisnis digital. Soal berbelanja saja. Saat ini konsumen tidak perlu datang langsung secara fisik ke toko. Cukup melakukan belanja online, produk yang diinginkan nanti akan didapatkan.

Continue reading

Sistem Transaksi Keuangan Tanpa Bank Lewat API

Sistem Transfer Uang Tanpa Bank Lewat API

Teknologi memang mampu mengubah semua sendi kehidupan. Berkat Apllication Programming Interfaces (API), transfer uang tanpa bank dapat dilakukan sekarang ini. Layanan API Gateway inilah yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.

Selama ini bank selalu menjadi sarana dalam menjalankan transaksi keuangan. Namun, perkembangan teknologi seperti API membuat situasi menjadi lebih berkembang dan lebih nyaman untuk customer. transfer uang tanpa bank bisa semudah membuka laptop bahkan handphone. Tanpa perlu membuka aplikasi pembayaran, customer dapat melakukan pembayaran langsung dari aplikasi Anda lewat integrasi API.

Continue reading

kegiatan pemasaran dengan sms marketing

Maksimalkan Kegiatan Pemasaran Anda dengan SMS Marketing

Para pelaku bisnis sering melupakan arti penting SMS bagi pemasaran. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik dan tepat, SMS Marketing dapat memberikan dampak yang signifikan untuk kegiatan pemasaran produk Anda.

SMS merupakan kependekan dari Short Message Service. Salah satu bentuk layanan Telco API ini sudah menjadi bagian dalam keseharian kehidupan manusia. Siapa saja pemiliki ponsel dapat menggunakan layanan ini. Termasuk mendapatkan informasi lewat SMS marketing.

Continue reading

Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Layanan Telco API sejatinya memberikan kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Salah satunya dengan pemanfaatan USSD secara maksimal.

USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data. Ini adalah suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari telepon seluler ke penyedia layanan operator seluler yang bersangkutan.

Continue reading

Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Teknologi integrasi API gateway memberikan babak baru dari sistem komunikasi dan transaksi untuk manusia. Sistem komunikasi dan transaksi telah ada dan berkembang sejak dulu hingga kini.

Perkembangan sistem transaksi mulai dari barter hingga kita dengan teknologi patut disimak karena menggambarkan teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia. Salahsa satunya, integrasi API Gateway dapat membuat komunikasi dan transaksi semakin mudah dilakukan oleh pelaku bisnis.

Continue reading

APIGO di Bandung ICT Expo 2018

Inspirasi dan Keseruan Selama Gelaran Ulang Tahun Telkom University di Bandung

Pada event Bandung ICT Expo 2018, APIGO hadir sebagai inspirasi untuk berinovasi di dunia digital Indonesia. Selain inspirasi, APIGO juga menghadirkan aktivitas yang menarik seperti, Dart Game dan Tes Profil Kepribadian.

Mengusung tema “Inspiring The Digital Indonesia 2025”, menjadi event mendulang inspirasi untuk para pengusaha digital di Indonesia. Hal ini terlihat dengan para eksibitor yang hadir mulai dari penyedia infrastruktur, operator telekomunikasi dan APIGO sebagai penyedia teknologi Telco API yang meramaikan Bandung ICT Expo 2018. Continue reading

Temukan Solusi Telco API untuk Bisnis Digital Anda di Event ICT Terbesar di Bandung

Apigo turut serta memeriahkan ajang tahunan milik Telkom University, ICT Expo 2018 di Bandung. Event yang mengusung tema “Insipiring the Digital Indonesia in 2025” ini menjadi ajang Apigo berbagi inspirasi kepada para pebisnis untuk menciptakan layanan bisnis digital yang terdepan lewat Telco API.

Sebagai platform yang mengusung teknologi API, APIGO akan membawa inspirasi para pengusaha digital atau developer untuk memanfaatkan API untuk mempermudah akses dengan telco operator di ICT Expo 2018. Dengan APIGO, pebisnis dapat terhubung dengan layanan seperti SMS, call masking, system pembayaran potong pulsa dan beragam penggunaannya lainnya.

Continue reading

potensi dibalik peningkatan customer experience produk anda

Potensi Telco API untuk Peningkatan Customer Experience

Dunia E-Commerce terus berkembang dan semakin menarik minat para pelaku bisnis di Indonesia. Minat besar para pelaku bisnis Indonesia terlihat dari antusias para pengunjung event Exabytes E-Commerce Conference 2018 (EEC 2018). Pada kesempatan kali ini, APIGO hadir sebagai solusi meningkatkan customer experience bisnis E-Commerce.

Pada kesempatan ini, Apigo sebagai platform penyedia layanan Telco API turut serta memeriahkan event EEC 2018. Devops Manager Apigo, Ahmad Sutanto, mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara dalam conference dengan tema The Role of Telco API in Your E-Commerce Business.

Continue reading

Layanan API Telco Dengan Sistem Potong Pulsa Berguna Untuk Mendongkrak Bisnis

Layanan Telco API Dengan Sistem Potong Pulsa Berguna Untuk Mendongkrak Bisnis

Layanan Telco API bisa memberi dukungan positif bagi performa bisnis. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan sistem pembayaran dengan potong pulsa yang berprospek besar.

Sekarang, konsumen tidak mau repot. Ketika menginginkan produk atau layanan, mereka ingin mendapatkannya secara mudah dan cepat. Seperti membeli produk digital dengan potong pulsa. Kemudahan inilah yang bisa membuat daya tarik toko online di Indonesia meningkat.

Namun, saat ini, alternatif sistem pembayaran masih minim. Konsumen kebanyakan masih harus memilih antara menggunakan jasa bank melalui transfer, online payment, kartu kredit, atau bahkan cash on delivery.

Continue reading

Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat. Kondisi itu berpengaruh besar terhadap bisnis terutama terkait perubahan perilaku konsumen. Situasi itu menjadi alasan pertumbuhan pemanfaatan koneksi API gateway belakangan ini.

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat proses digitalisasi terjadi di mana-mana dan mengubah perilaku konsumen. Hal itu ditandai dengan kepemilikan smartphone, laptop, hingga tablet yang lazim. Terlebih lagi sekarang semuanya bisa terhubung dengan internet secara mudah.

Perubahan itu pada akhirnya membuat perilaku konsumen ikut bergeser. Situasi itu terjadi di mana pun termasuk Indonesia. Accenture merangkum setidaknya ada lima perubahan perilaku konsumen digital di negeri kita ini. Mereka menemukannya setelah melakukan riset terhadap 28 ribu responden di 28 negara.

Temuan pertama yang menarik ialah kecenderungan pemanfaatan teknologi dalam berbagai kegiatan. Hal itu ditandai dengan fakta bahwa perangkat pintar dipakai untuk berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak memerlukan internet. Contohnya ialah bermain games, menonton film, hingga mencari informasi.

Continue reading

Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Dunia telah berubah. Perkembangan dunia digital begitu pesat. Hal itu berdampak pula bagi pemanfaatan koneksi API gateway yang semakin marak.

Saat ini, digitalisasi terjadi di semua sektor. Perubahan dari analog ke digital semakin kentara. Pemicu terbesarnya adalah kehadiran internet. Kini internet dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja melalui perangkat seperti smartphone atau komputer personal didukung dengan teknologi terkini dari koneksi API Gateway yang memudahkan.

Kondisi itu memberi dampak besar bagi apa pun, tidak terkecuali dunia usaha. Lanskap bisnis ikut berubah karena itu semua. Akibatnya tuntutan untuk berubah mengikuti perkembangan zaman semakin besar.

Continue reading

Pembayaran dengan T-Cash

Metode Pembayaran dengan T-Cash, Untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat memicu perubahan dalam sistem pembayaran. Kini tren e-money mulai hadir. Salah satu contoh adalah keberadaan sebuah sistem pembayaran dengan T-Cash.

T-Cash merupakan layanan uang elektronik untuk menyimpang uang dan menggunakannya untuk berbagai transaksi. Tentunya metode pembayaran dengan T-Cash, transaksi yang dilakukan oleh customer akan lebih mudah.

Pengguna T-Cash cukup besar. Per 2017, jumlah salah satu bentuk konkret layanan telco API ini telah mencapai 10 juta pengguna. Namun, Telkomsel belum puas. Mereka menargetkan hendak menambah pemakai T-Cash hingga empat kali lipat sampai akhir tahun 2018 nanti.

Continue reading

Telco API

Berikut Ini Trik Pemanfaatan Layanan Telco API Untuk Performa Bisnis

Telco API membuka beragam kemungkinan untuk berbagai bisnis mengembangkan dan berinovasi dengan produk yang dimiliki. Peningkatan performa bisnis dan customer experience yang baik akan menjadi output yang dapat Anda rasakan.

Sekarang API (Application Programming Interface) dapat dilihat menjadi bagian penting dalam dunia bisnis. Pemnafaatan Telco API dapat menjadikan bisnis menjadi lebih advanced dan memberikan kemudahan baik pelaku bisnis dan customer.

Perubahan membuat perubahan baik dari sisi pelaku bisnis dan customer. Konsumen tidak bisa lagi didekati dengan cara yang sama sehingga membuat pelaku bisnis harus berinovasi dalam pendekatannya. Pelaku usaha dituntut agar cerdas melihat perubahan perilaku pelanggan dan pasar tersebut agar tetap kompetitif dan menonjol ditengah kerumuhan.

Continue reading

Sistem Pembayaran Digital Berbasis Layanan API Telco Jadi Favorit Konsumen

Sistem Pembayaran Digital Berbasis Layanan Telco API Jadi Favorit Konsumen

Pemanfaatan layanan Telco API kini sudah menembus sistem pembayaran digital untuk konsumen bisnis digital. Bahkan, sistem pembayaran tersebut menjadi yang terfavorit.

Saat ini, bisnis online tengah tumbuh. Hal ini mendorong perkembangan sistem pembayaran digital. Di sini layanan Telco API mengambil peran penting. API mampu menjadikan pihak yang mengadopsi koneksi API gateway berkembang sebagai pemain penting dalam sektor tersebut.

Apa sajakah itu?

Continue reading

layanan Telco API APIGO

Manfaat Penting Layanan Telco API Untuk Peningkatan Bisnis

Keberadaan layanan Telco API sejatinya membuka banyak kesempatan besar. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, Telco API mampu meningkatkan kinerja bisnis dengan mempermudah layanan ataupun memberi nilai tambah produk.

Teknologi sudah mengubah kebiasaan orang. Mulai dari cara mengonsumsi berita hingga berkomunikasi tidak lagi sama. Kini, customer lebih aktif mencari informasi karena tersedianya media yang memudahkan hal tersebut. Kemudahan tersebut membuat customer memiliki banyak distraksi. Inilah peran layanan Telco API untuk stand out ditengah kerumunan informasi.

Continue reading