Langkah Awal Membangun Startup: Hindari Ilusi Perfect Business Idea | Apigo.id

Langkah Awal Membangun Startup: Hindari Ilusi Perfect Business Idea

‘Perfect Business Idea’ dapat menjadi batu sandung dalam membangun startup. Keinginan yang dapat menghambat perkembangan produk.

Perjalanan panjang membangun startup dimulai dengan konsep. Konsep memberikan gambaran dari inti produk yang ingin Anda tawarkan ke calon pengguna. Konsep menghadirkan gambaran untuk melakukan serangkaian langkah yang perlu dilakukan agar konsep dapat menjadi kenyataan. Lalu, apa konsep yang Anda usung? Dan datang dari mana ide dari rencana membangun startup Anda?

Startup hadir dengan beragam bentuk. Ada yang merupakan pengembangan dari pekerjaan yang sebelumnya telah ditemukan atau bahkan benar-benar pekerjaan yang 10 tahun lalu belum pernah terpikirkan.

Melihat dari Aplikasi Pencatat Keuangan

Bicara tentang produk yang hadir dari pengembangan dari produk sebelumnya, apa yang terlintas? aplikasi pencatat keuangan. Jika dulu menggunakan buku untuk mencatat, pencipta aplikasi ini ingin menyelesaikan masalah bagaimana repotnya harus mengingat keuangan selama seharian atau tidak mungkin membawa buku kas kemanapun pergi.

Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara langsung. Setelah melakukan transaksi, pengguna dapat langsung membuka aplikasi di handphone dan langsung mencatatnya. Tanpa harus takut terlupa akan setiap transaksi yang dilakukan.

“I realized that if I was facing this problem during one shopping session, others must be facing this problem all the time” – Morgan Hermand-Waiche, Founder & CEO of Adore Me

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Kini, jika Anda mencari aplikasi keuangan di App Store atau Play Store, ada puluhan aplikasi pencatat keuangan yang hadir dengan beragam fitur masing-masing. Mulai dari yang menawarkan benar-benar gratis sampai harus membayar nominal tertentu untuk dapat merasakan fitur yang terdapat didalam aplikasi tersebut.

Rencana yang Baik, Hindari Ilusi ‘Perfect Business Idea

Lalu, peran apa yang Anda ingin mainkan sebagai pendiri startup? Pencipta produk yang benar-benar baru? Atau Anda punya inovasi dari produk yang sudah Anda? Keduanya dapat menjadi special di market jika rencana membangun startup Anda dibangun dengan baik.

“I would tell my younger self to stop wasting time searching for that perfect business idea in your mind” – Benny Hsu, Online Entrepreneur at Get Busy Living

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Banyak pendiri startup yang terjebak didalam ‘perfect business idea’ – keinginan menciptakan produk yang sempurna mungkin. Menemukan formula terbaik dalam membangun bisnis tidak dapat terjadi dalam satu perkenalan di pasar.

Dibutuhkan sederetan trial and error, customer feedback dan evaluasi produk yang akan memperkaya pengembangan hingga Anda menemukan bentuk terbaik dari produk Anda. Mulai dari teknologi apa yang digunakan, pendekatan marketing apa yang digunakan hingga mungkin dapat menciptakan produk pendukung lainnya.

“If you don’t make mistakes, there is no way for you to learn” – Polina Raygorodskaya, Co-Founder and CEO of Wanderu

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Jika pada akhirnya, setelah dilakukan percobaan launching dan sederet evaluasi, produk Anda tidak sesuai dengan keinginan pasar. Anda dapat membangun business idea lainnya yang tetap sama dengan rencana awal atau bisa benar-benar berbeda dengan rencana awal. A journey of a thousand miles begins with a single step.

Perbedaan Jaringan Internet Antar Generasi 1G Hingga 5G | Apigo.id

Perbedaan Jaringan Internet Antar Generasi 1G Hingga 5G

Tidak Hanya Ponsel, Jaringan Internet pun Mengalami Perkembangan dan Kecanggihan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa smartphone membutuhkan jaringan internet untuk dapat mengoperasikan fitur-fitur aplikasi dan komunikasi yang ada di dalamnya. Jaringan internet disediakan oleh provider operator seluler, untuk membantu pengguna ponsel mengakses internet.

Continue reading
Sebar Kabar Siaga Efektif Melalui SMS | Apigo.id

Sebar Kabar Siaga Efektif Melalui SMS

Sebar Kabar Siaga Lebih Efektif Melalui SMS, Karena Dapat Mengurangi Jumlah Korban Dengan Edukasi, Evakuasi, dan Pengamanan Lebih Awal.

Indonesia merupakan Negara dengan urutan ke-36 di dunia, yang memiliki kerentanan bencana. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, terletak di antara pertemuan empat lempeng tektonik. Empat lempeng tersebut adalah Benua Asia, Benua Australia, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik. Bagian selatan dan timur Indonesia, terdapat rangkaian pegunungan vulkanik tua, sedangkan di dataran rendah sebagian didominasi oleh rawa-rawa. Kondisi ini, membuat Indonesia menjadi lahan yang sangat berpotensi dalam pertanian, sekaligus rawan bencana alam.

Continue reading
Ragam Teknologi Unik Tahun 2019 | Apigo.id

Ragam Teknologi Unik Tahun 2019

Inovasi Adalah Modal Perkembangan Berbagai Teknologi yang Bermanfaat Bagi Manusia

Semenjak listrik ditemukan dan ilmu pengetahuan semakin berkembang, ada berbagai inovasi teknologi yang lahir, serta memiliki manfaat bagi manusia. Penemuan seperti mesin listrik, hingga sekarang gawai kita dapat berfungsi karena listrik. Berbagai ragam teknologi unik bermunculan setiap tahunnya. Memberikan kemudahan bagi kehidupan sehari-hari manusia. Bagaimana dengan ragam teknologi unik tahun 2019? Apa saja yang menarik dan bermanfaat?

Continue reading
Tingkatkan Brand Awareness Pelanggan dengan SMS Blast | Apigo.id

Tingkatkan Brand Awareness Pelanggan dengan SMS Blast

Brand awareness pelanggan adalah kondisi di mana konsumen mengetahui, mengenali, dan selalu mengingat merek atau brand sebuah produk, ketika mereka hendak membeli sesuatu.

Ketika Anda berhasil membangun brand awareness pelanggan, Anda dapat meningkatkan keuntungan dan penjualan produk. Pelanggan yang sudah terbangun brand awareness-nya akan cepat mengenali produk Anda, ketika melihat logo ataupun tagline tersebut.

Continue reading
Waspada Penipuan Melalui SMS, Gunakan Cara Ini Untuk Menghindarinya | Apigo.id

Waspada Penipuan Melalui SMS, Gunakan Cara Ini Untuk Menghindarinya

SMS sudah menjadi bagian dari setiap ponsel. Setiap orang dapat menerima pesan SMS. Selain menjadi potensi keuntungan untuk marketing, ternyata SMS juga digunakan untuk melakukan modus-modus penipuan.

Tidak sedikit korban yang tertipu gara-gara penipuan melalui SMS ini. Berikut cara menghindari penipuan melalui SMS:

Continue reading
Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini | Apigo.id

Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini

Mulai dari meminta Anda untuk mengirimkan pulsa dan uang hingga mencuri data pribadi Anda. Kenali tipe-tipe SMS penipuan agar Anda tidak merasakan bahayanya.

SMS penipuan, salah satu bentuk penipuan yang sudah lama terjadi dan berada disekitar kita. Coba handphone Anda, buka inbox SMS dan scroll hingga ke bawah, kapan SMS penipuan mulai masuk ke handphone Anda? 1 tahun atau 3 tahun yang lalu?

Continue reading
Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda | Apigo.id

Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda

Bagaimana Bisa SMS Dapat Meningkatkan Keuntungan? Simak Cara Kerja SMS Gateway Berikut ini.

Pesan SMS merupakan layanan pesan komunikasi teks yang dapat digunakan di setiap jenis ponsel. SMS ditemukan pertama kali tahun 1993. Setiap SMS yang dikirim oleh pengguna ponsel, akan masuk ke Short Message Service Centre, kemudian diteruskan ke penerima pesan.

Continue reading
Mengoptimalkan Komunikasi di Sektor Pendidikan Bersama SMS API | Apigo.id

Mengoptimalkan Komunikasi di Sektor Pendidikan Bersama SMS API

SMS pada menjadi solusi untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara lembaga pendidikan dan orangtua murid demi pengembangan potensi anak.

Anda sebagai pelaku bisnis sudahkah memanfaatkan ponsel untuk menunjang produk atau jasa yang Anda tawarkan? Semua sektor bisnis dapat memanfaatkan ponsel, termasuk sektor pendidikan.

Continue reading
Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan SMS API | Apigo.id

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan SMS API

Setiap produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan, akan membangun pengalaman positif ataupun negatif.

Ketika menjual produk ke market, tentu kita ingin mendapatkan respons positif dari market. Mendapatkan feedback positif tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda. Respons positif ini tidak datang secara cuma-cuma, namun Anda perlu meningkatkan pengalaman positif pelanggan terhadap produk.

Continue reading
Saatnya Kenali Customer di Indonesia Lebih Baik dengan SMS API | Apigo.id

Saatnya Kenali Customer di Indonesia Lebih Baik dengan SMS API

SMS sebagai saluran komunikasi menjadi solusi yang dapat menjawab tantangan geografis dan adaptasi teknologi masyarakat.

Internet dan smartphone telah memperkaya cara pelaku bisnis menjangkau customernya, termasuk customer di Indonesia. Menciptakan aplikasi untuk smartphone, membuat website, akun social media hingga beriklan adalah platform-platform untuk menjangkau customer. Semua dilakukan sesuai dengan profil customer yang diinginkan.

Continue reading
Mengenal Lebih Jauh Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Customer Journey Mapping | Apigo.id

Mengenal Lebih Jauh Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Customer Journey Mapping

Customer Journey Mapping penting untuk Anda menemukan pain points dan menentukan rencana pengembangan produk Anda.

Memahami customer adalah hal yang cukup menantang. Customer journey mapping Mengenal siapa customer Anda, apa yang disukai, bagaimana mereka menemukan bisnis Anda hingga pendekatan apa yang efektif untuk mereka adalah pekerjaan untuk menemukan customer Anda.

Continue reading
Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan SMS Gateway | Apigo.id

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan SMS Gateway

SMS Gateway Adalah Platform yang Dapat Membantu Anda Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Larisnya sebuah produk ditentukan dari sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan puas dengan produk dan pelayanan Anda, mereka secara otomatis akan merekomendasikan produk Anda ke keluarga, kerabat, dan kolega. Mereka juga akan membeli produk Anda berulang kali, kepuasan terhadap produk membuat pelanggan menanti-nantikan inovasi selanjutnya.

Continue reading
Berbagai Kemudahan Fitur LinkAja Untuk Transaksi Sehari-hari | Apigo.id

Berbagai Kemudahan Fitur LinkAja Untuk Transaksi Sehari-hari

Fitur LinkAja Dapat Memudahkan Transaksi Keuangan Sehari-hari Anda

Industri mengalami pergeseran teknologi, dari komputer menjadi digital. Kegiatan ekonomi pun mengalami pergeseran ke teknologi digital. Termasuk melakukan transaksi pembayaran. Berbagai kemudahan fitur LinkAja hadir untuk setiap transaksi pembayaran pelanggan, agar menjadi lebih efektif dan efisien. Semua transaksi beres tanpa cash.

Continue reading
Tips Penggunaan SMS Marketing Yang Harus Diketahui Startup | Apigo.id

Tips Penggunaan SMS Marketing Yang Harus Diketahui Startup

Kini, SMS tidak hanya untuk komunikasi (bahkan mungkin sudah ditinggalkan). SMS digunakan untuk proses verifikasi registrasi oleh aplikasi. Tapi, tahukah Anda tentang penggunaan SMS untuk Marketing?

Dengan jangkauan yang luas dan memanfaatkan banyaknya pengguna layanan telekomunikasi, penggunaan SMS Marketing dapat meningkatkan peforma bisnis. Anda dapat mengirimkan SMS ke pengguna layanan telekomunikasi yang tersebar dan beragam tanpa perlu memiliki database sendiri.

Continue reading
4 Cara Perusahaan Fintech Menggunakan SMS | Apigo.id

4 Cara Perusahaan Fintech Menggunakan SMS

Jika Anda berada di perusahaan Fintech dan Anda belum pernah mempertimbangkan peran yang dimainkan SMS dalam pemasaran dan komunikasi, inilah kesempatan Anda.

Pesan teks bukan lagi sesuatu yang hanya digunakan orang untuk berkomunikasi secara pribadi. Semakin banyak bisnis yang menggunakannya untuk menjangkau customer mereka, termasuk perusahaan Fintech.

Continue reading
Cara-cara yang Dapat Dilakukan untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan | Apigo.id

Cara-cara yang Dapat Dilakukan untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan

Pentingnya Menjalin Kedekatan Dengan Pelanggan Untuk Membangun Loyalitas

Memperluas jangkauan, memperbanyak jumlah pelanggan baru itu penting. Namun, menjaga loyalitas pelanggan juga tidak kalah penting. Pelanggan yang loyal dengan produk Anda, tidak hanya akan membeli produk secara berulang, namun juga akan merekomendasikan brand Anda kepada kerabat koleganya untuk dikonsumsi. Pelanggan loyal secara otomatis akan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menjaga loyalitas, jalin kedekatan dengan pelanggan.

Continue reading
Pentingnya Rumah Sakit Menggunakan SMS Reminder | Apigo.id

Pentingnya Rumah Sakit Menggunakan SMS Reminder

SMS Reminder dapat membantu Anda meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dalam hal administrasi pendaftaran peserta.

Rumah sakit adalah tempat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melakukan penyembuhan raga dan menjaga kesehatan. Untuk itulah, Rumah Sakit harus memberikan pelayanan terbaik, dan memastikan bahwa pasien menjalani pengobatannya dengan baik.

Continue reading
Kampanyekan Nilai Produk Anda Melalui SMS API | Apigo.id

Kampanyekan Nilai Produk Anda Melalui SMS API

Kampanyekan Nilai Produk Membantu Proses Marketing Brand Produk

Dunia industri memiliki persaingan yang ketat. Satu jenis produk bisa dihasilkan oleh berbagai perusahaan, yang saling bersaing untuk memenangkan pasar. Untuk dapat menarik hati pelanggan, perusahaan harus mampu menunjukkan bahwa produknya memiliki perbedaan (diferensiasi), bila dibandingkan dengan produk dari perusahaan lain. Dengan perbedaan ini, akan terlihat sisi keunggulan yang dimiliki produk Anda, yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

Continue reading
Kemudahan Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone | Apigo.id

Kemudahan Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone

Baik pengembang aplikasi dan user dapat merasakan dampak dari penggunaan nomor handphone sebagai registrasi dan login. Solusi registrasi dan login dengan nomor handphone sekaligus jaminan keaslian user.

Ketika kita menggunakan sebuah aplikasi, kita akan diminta untuk registrasi dan login pada aplikasi tersebut. Ada banyak alasan akan hal itu, aplikasi yang Anda gunakan berbayar, untuk memberikan penyesuaian content bagi user, mendapatkan data user untuk keperluan marketing, untuk informasi pembayaran, dan lain-lain.

Continue reading
SMS VS Email VS Push Notification: Mari Lihat dari Kebutuhan Anda | Apigo.id

SMS VS Email VS Push Notification: Mari Lihat dari Kebutuhan Anda

SMS VS email VS Push Notification, manakah yang lebih efektif? Ketiga saluran komunikasi ini muncul tidak dalam waktu yang bersamaan, namun kini, masing-masing mempunyai keuntungan bagi pelaku bisnis.

Smartphone menghadirkan kemudahan untuk manusia. Berkomunikasi satu sama lain, mengaktualisasi diri dengan informasi atau sekadar menggunakan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.

Continue reading
Pandu Logistics : Bebas Keluhan dengan Apigo Messaging | Apigo.id

Pandu Logistics: Bebas Keluhan dengan Apigo Messaging

Pengiriman pesan yang mudah dan tanpa hambatan membuat Pandu Logistics menggunakan Apigo Messaging untuk meningkatkan nilaiperusahaan dimata customer.

Ditengah perkembangan teknologi, informasi menjadi semakin penting untuk meningkatkan performa perusahaan dan memberikan layanan terbaik untuk pengguna. Pandu Logistics melihat informasi pengiriman barang penting untuk menunjang peforma bisnis.

Continue reading
Sebar Promo Café dan Resto Anda dengan SMS LBA | Apigo.id

Sebar Promo Café dan Resto Anda dengan SMS LBA

Selain puas dengan pelayanan, pelanggan akan datang ke café dan resto Anda karena ada promo diskon.

Sudah bukan rahasia lagi café dan resto menjadi tempat berkumpul, bercengkrama, serta menemukan ide inspirasi bagi para pengunjungnya. Menikmati secangkir kopi yang dibuat oleh barista, sambil mendengarkan musik yang bikin hati tenang.

Continue reading
Promosi Lancar Walau Liburan Panjang? Jangan Khawatir, SMS API Solusinya | Apigo.id

Promosi Lancar Walau Liburan Panjang? Jangan Khawatir, SMS API Solusinya

Liburan panjang menjadi kesempatan untuk promosi gencar produk Anda. Sebab saat liburan, tingkat konsumsi meninggi.

Liburan panjang menguntungkan bagi para pekerja. Mereka bisa menyegarkan kembali isi kepala dari kejenuhan rutinitas. Namun, liburan panjang juga mengurangi aktivitas perusahaan Anda. Angka penjualan menurun sebab tidak upaya promosi dan penjualan untuk brand produk Anda. penjualan di lapangan mungkin tetap berjalan, namun jika tidak diiringi dengan promosi yang tepat, Anda akan kalah saing dengan produk selainnya.

Continue reading
Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API | Apigo.id

Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API

Persaingan bisnis logistik semakin ketat, sejauh apa Anda mampu menjaga loyalitas para pelanggan?

Revolusi Industri 4.0 semakin melesat. Semua transaksi menuju online. Bahkan Anda tidak perlu lagi pergi menerjang kemacetan di jalan, untuk membeli baju lebaran. Cukup dengan klik di toko online, barang akan segera tiba di rumah Anda. Pesatnya bisnis online linear dengan peningkatan bisnis logistik.

Continue reading
Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API | Apigo.id

Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API

Kedekatan Customer terhadap Brand Produk Menciptakan Loyalitas

Mendapatkan pembeli baru itu penting, namun merawat pelanggan yang pernah membeli produk tidak kalah pentingnya. Dengan perawatan pelanggan yang tepat, loyalitas customer terhadap brand produk Anda dapat terbangun dengan baik. Customer yang loyal, secara otomatis akan selalu membeli produk Anda. Oleh sebab itu Anda perlu jalin kedekatan dengan customer.

Continue reading
SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 yang untuk Brand | Apigo.id

SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 untuk Brand

Satu peluang yang menjanjikan yang sering dilupakan adalah SMS marketing. Saatnya mengenal lebih dekat mengapa Anda perlu mempertimbangan SMS Marketing dan cara menggunakannya secara efektif.

Tanpa mengenal apa itu SMS marketing, menaruh kepercayaan pada marketing channel ini sebagai strategi marketing di tahun 2019 Anda sulit rasanya. Mari kenali lebih dahulu mengenal SMS marketing dan mengapa harus menggunakan marketing channel tersebut.

Continue reading
Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda | Apigo.id

Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda

Komunikasi dengan SMS API menghadirkan kemudahan untuk pelaku bisnis mengirimkan pesan pengingat, promosi dan berbagai informasi penting ke customer Anda secara efektif dan efisien.

Komunikasi di era teknologi informasi kian penting. Sekarang ini Anda mengenal website dan social media untuk menjangkau masyarakat luas untuk berpromosi dan menjalin customer support. Berbeda dengan dahulu, dimana kita mengenal kegiatan promosi melalui billboard dan koran, lalu proses customer support lewat panggilan telepon.

Continue reading
Tebar Kupon Promosi Melalui SMS Location Based Advertising (LBA) | Apigo.id

Tebar Kupon Promosi Melalui SMS Location Based Advertising (LBA)

Tarik Minat Pelanggan dengan tebar kupon promosi.

Promosi adalah komponen penting dalam proses meraih keuntungan perusahaan. Tanpa promosi, brand produk Anda tidak dapat dikenal baik oleh konsumen. Sebuah proses untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen kepada produk Anda. Salah satu cara untuk menarik minat konsumen dengan menggunakan kupon promosi.

Continue reading
Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan | Apigo.id

Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan

SMS adalah salah satu media yang dapat Anda manfaatkan untuk aktivitas marketing.

Marketing sangat dibutuhkan untuk mengenalkan brand produk kepada konsumen, agar mereka dapat memahami manfaat produk. Setelah memahami pentingnya nilai produk, mereka akan membeli produk tersebut. Salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk marketing adalah SMS. Anda dapat mengirimkan berbagai macam SMS marketing kepada konsumen.

Continue reading
Peace of Mind dengan SMS API

Peace of Mind dengan SMS API

Sudah saatnya para pelaku bisnis menghadirkan peace of mind dengan menerapkan otomatisasi agar terciptakan kemudahan dan kecepatan proses kerja bisnis. SMS API adalah solusi untuk menerapkan otomatisasi dalam pekerjaannya.

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menjalankan bisnis Anda dalam sehari? Apakah sudah menghadirkan peace of mind untuk diri Anda? Mari berhitung!

Continue reading
Ingin Bisnis Kuliner Anda Ramai Pengunjung, Baca Tips Berikut Ini. Temukan di apigo.id/blog

Ingin Bisnis Kuliner Anda Ramai Pengunjung, Baca Tips Berikut Ini

Apakah anda yakin, bisnis kuliner Anda tidak akan mati dan gulung tikar?

“Bisnis kuliner tidak ada matinya!” begitu yang biasanya kita dengar. Memang, makanan adalah kebutuhan pokok, namun pertanyaannya apakah setiap orang butuh memakan kuliner yang Anda jual? Sebab itulah, selain tidak mati, bisnis kuliner juga sangat ketat persaingannya. Jika tidak mampu bersaing, siap-siap bisnis kuliner Anda gulung tikar. Anda membutuhkan inovasi yang harus diterapkan, untuk bersaing memasarkan produk kuliner.

Continue reading
Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui. Temukan di apigo.id/blog/

Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui

SMS LBA sebagai alternatif tools marketing yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Anda pasti familiar dengan SMS atau Short Message Service. Layanan ini menjadi default komunikasi pesan teks yang hadir sejak pertama kali ponsel ditemukan, hingga sekarang ponsel memiliki ragam yang berkembang. Walaupun kini sudah ada berbagai aplikasi pesan teks untuk berkomunikasi, SMS tetap menjadi andalan, sebab tidak membutuhkan jaringan internet. Bagaimana dengan SMS LBA, apakah Anda sudah mengenalnya?

Continue reading
Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Menjadikan restoran ramai pengunjung tidak mudah, karena persaingan bisnis kuliner cukup tinggi. Namun, SMS API dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Setiap orang butuh makan, apalagi para pekerja perusahaan, yang tidak selalu membawa bekal ke kantor. Setiap jam istirahat mereka akan mencari makanan yang sesuai dengan kantong dan perut. Mudah dijangkau dan enak memuaskan. Saat jam makan siang, tidak sedikit restoran ramai pengunjung, namun tidak sedikit pula yang sepi pengunjung.

Continue reading
Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Promosikan brand dengan profile based advertising, akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Profile based advertising merupakan cara promosi berdasarkan target profil pelanggan. Hal ini penting agar penyampaian pesan promosi dapat tepat sasaran. Selama ini, bagaimana cara Anda menyampaikan promosi kepada calon pelanggan? Tepat sasaran? Pesan dikirim asal sebar? Bila demikian tentu cara Anda sangat tidak efisien, dan hanya membuang tenaga, dana, dan waktu.

Continue reading
Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Layanan SMS mati? Rumor mengatakan SMS sudah tidak laku lagi. Benarkah demikian?

Apakah Anda ingat pertama kali rasanya menerima pesan SMS? Takjub? Senang? Ingin terus berkirim pesan? Layanan SMS atau Short Message Service, merupakan perangkat dasar dari setiap ponsel.

Continue reading
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

SMS marketing menjadi salah satu media yang cukup diminati perusahaan untuk memasarkan produknya.

Setiap device ponsel memiliki fitur SMS (short message service). Berdasarkan penelitian, SMS memiliki open rate sebesar 98%, dan dibuka oleh pengguna ponsel kurang dari 3 menit. Kondisi ini menjadi peluang bagi para pengusaha untuk melakukan SMS marketing.

Continue reading
Layanan SMS API Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Layanan SMS API Dapat Menguntungkan Bisnis Anda

Orang-orang banyak yang menganggap SMS tidak diperlukan lagi. Semua sudah beralih ke kuota dan jarang memiliki pulsa. Sehingga, SMS dianggap tidak laku lagi. Benarkah demikian?

Layanan SMS API, dewasa ini merupakan peluang untuk mengkomunikasikan produk brand Anda. Seperti yang kita ketahui, media komunikasi mengalami perkembangan dari masa ke masa. Dari kurir pengirim pesan, kartu telegram, surat kertas yang dikirim burung merpati, hingga berubah menjadi pager. Pager pun redup industrinya sejak berhasil dikomersilkannya layanan SMS sejak tahun 1993.

Kemudian tahun 1992 jaringan internet saling terhubung satu sama lain di setiap komputer, sebagai alat komunikasi jarak jauh. Internet terus berkembang hingga tahun 2000-an kita sudah dapat menikmati berbagai layanan sosial media. Sosial media pun mengalami pasang surut. Berbagai platform ada yang gulur tikar, ada pula yang masih eksis hingga saat ini.

Continue reading
Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Banyak sekali tantangan yang dihadapi para pebisnis ritel. Perlu diterapkannya cara khusus untuk optimalkan bisnis ritel.

Bisnis ritel adalah usaha penjualan barang-barang seperti makanan, pakaian, sepatu, dan sejenisnya, dalam jumlah yang banyak. Bisnis ritel cenderung memiliki variasi barang-barang. Anda dapat melihat contoh-contoh bisnis ritel, seperti toko swalayan, minimarket, toko pakaian, toko tas dan sepatu.

Continue reading
Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Optimalkan bisnis toko fisik Anda dengan SMS Location Based Advertising (LBA). Teknologi ini memiliki berbagai keuntungan untuk menunjang bisnis Anda.

Location Based Advertising (LBA) adalah teknologi yang mampu mengatasi toko fisik Anda dewasa ini. Banyak diberitakan, pergeseran model bisnis terus terjadi. Setiap industri menuju online.

Continue reading
Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Alasan Mengapa A2P SMS Memberikan Keuntungan Bagi Bisnis Anda

Marketing hal yang sangat penting untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis. Anda dapat menggunakan media komunikasi A2P SMS untuk menyebarkan pesan promosi.

Memilih media komunikasi promosi tentu perlu dipertimbangkan matang-matang. Mana saja media komunikasi yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Bisnis tanpa promosi yang tepat, akan menciptakan kerugian yang amat berat.

Continue reading
PlaySMS danSelamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual Pengaruhnya pada Pelanggan

PlaySMS dan Pengaruhnya pada Pelanggan

PlaySMS bisa menjadi cara bagi pelaku usaha untuk mendekati pelanggannya. Dengan pemanfaatan PlaySMS, mereka bisa mendekatkan diri dan selalu ada untuk konsumennya.

Perubahan terjadi sangat drastis akhir-akhir ini. Perkembangan teknologi seperti Playsms menjadi contoh perkembangan digital. Ini membuat hubungan pelaku usaha dengan pelanggan berubah. Konsumen tidak bisa lagi didekati dengan cara lama.

Continue reading

Mengelola Big Data Sebagai Bahan Bakar Bisnis Teknologi

Mengelola Big Data Sebagai Bahan Bakar Bisnis Teknologi

Kemampuan mengelola big data adalah sebuah keharusan. Big data menjadi bahan bakar untuk menjalankan bisnis teknologi masa kini.

APIGO – Di era revolusi industri 4.0, big data adalah bahan bakar baru yang sangat membantu perkembangan bisnis teknologi. Bagaimana mengelola big data agar dapat menguntungkan, dikupas dalam event seminar diskusi CTO Meetup Jakarta (Chief Technology Officer), yang bertema “How to monetize the big data for your business?”. Acara ini berkolaborasi dengan Apigo dan Datacomm, diadakan di Hall Function PT Datacomm Diangraha, Kapten Tendean, Jakarta Selatan, pada Hari Kamis, 28 Maret 2019.

Continue reading
Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Di era penuh persaingan usaha, sudah saatnya Anda ciptakan Customer experience untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ekonomi menjadi hukum alam yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Untuk meningkatkan kualitas ekonomi, marketing dilakukan agar barang/jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen. Marketing mengalami inovasi strategi, dari pasang iklan di media konvensional sampai menerapkan strategi untuk menciptakan customer experience.

Continue reading
Solusi Auto Reply SMS untuk Layanan Customer Service

Solusi Auto Reply SMS untuk Layanan Customer Service

SMS bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri dengan pelanggan yang efektif. Perkembangan teknologi menghadirkan varian pemanfaatan SMS seperti Auto Reply SMS menjadi contoh.

Auto Reply SMS merupakan sistem yang bisa menjawab SMS secara otomatis. Dengan ini, satu institusi tidak perlu repot memantau setiap SMS yang masuk selama 24 jam. Cukup dengan menggunakan Auto Reply SMS, pelanggan akan merasa terus ditemani sepanjang hari. Pasalnya, selalu bisa ada balasan terhadap pesan yang dikirimkan.

Continue reading

DTalk: Mengenal Big Data dan Bagaimana cara Monetize Lewat Diskusi Bersama CTO dan Product Manager

Saatnya Mengenal Big Data dan Cara Memonetisasinya Bersama CTO Meetup dan Telunjuk.com, Gratis!

Di era informasi, Data is the new oil. Sangat berharga tetapi juga sangat sulit untuk ditambang (didapatkan). Data menjadi entitas yang penting nan sensitif untuk dapat dimiliki. Mulai dari insight baru atau acuan strategi selanjutnya, data berpotensi menimbulkan masalah privasi ketika dikeloka dengan tidak baik.

Continue reading
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Tingkatkan Pelayanan Nasabah Dengan SMS API

Tingkatkan pelayanan nasabah Anda dengan SMS API, agar dapat menjadi Bank yang semakin unggul dalam memberikan pelayanan.

Bank merupakan institusi yang sangat berperan penting dalam masyarakat. Tidak sedikit bank yang saling berlomba untuk tingkatkan pelayanan nasabah, agar nasabah yang dimiliki semakin loyal dan tidak beralih ke bank lain.

Continue reading
Bisnis Jasa Pengiriman: Gunakan Layanan ini untuk Meningkatkan Nilai Bisnis Anda

Bisnis Jasa Pengiriman: Gunakan Layanan ini untuk Meningkatkan Nilai Bisnis Anda

Seiring meningkatnya transaksi online, persaingan di bidang jasa pengiriman juga semakin ketat. Maka dari itu, diperlukan layanan yang dapat memberikan nilai tambah untuk bisnis.

Bisnis jasa pengiriman terliihat semakin menjanjikan. Sebab transaksi online semakin meningkat peminatnya. Tidak sedikit perusahaan yang mengembangkan sayapnya untuk membuka bisnis jasa pengiriman. Para pelaku bisnis tentu akan saling berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Continue reading
Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Antara SMS dan Email, manakah yang lebih efektif sebagai media komunikasi promosi?

Media komunikasi adalah hal yang wajib digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan marketing kepada pelanggan. Dengan pesan yang disampaikan, pelanggan akan mengetahui keberadaan Brand Anda. Apalagi jika pesan yang Anda kirimkan sesuai dengan target pelanggan, serta dapat menjawab kebutuhan mereka.

Continue reading
Manfaat SMS API Sebagai Notifikasi Brand Anda

Manfaat SMS API Sebagai Notifikasi Brand Anda

Tak ada kepastian, tentu meresahkan. Manfaatkan SMS API sebagai notifikasi berita penting untuk pelanggan Brand Anda.

Setiap pengusaha ingin bisnisnya bekembang dengan pesat. Salah satu cara membuat bisnis berkembang dengan meraih customer experience. Sebuah pencapaian untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara langsung terhadap brand Anda.

Continue reading
TCash Menjadi Link Aja: Metode Pembayaran Yang Memudahkan

TCash Menjadi LinkAja: Metode Pembayaran Yang Memudahkan

Untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap, serta dapat terkoneksi dengan telco lainnya, TCash mengganti namanya menjadi LinkAja.

Lebih dari 10 tahun TCash telah beroperasi dengan pencapaian baik di Indonesia. Pada tahun 2019, tepatnya tanggal 21 Februari.

Continue reading
Gunakan SMS API Sebagai Reminder Pelanggan Brand Anda

Gunakan SMS API Sebagai Reminder Pelanggan Brand Anda

Untuk mengingatkan pelanggan, Anda dapat menggunakan SMS API Sebagai reminder yang dikirimkan ke ponsel pelanggan tanpa internet.

Lupa. Hal biasa yang sering terjadi di sekitar kita, namun cukup memberikan pengaruh yang merugikan bagi diri sendiri maupun perusahaan. Sebab itulah teknologi gawai yang kita miliki tersedia fitur alarm untuk mengingatkan apa yang harus dilakukan untuk melaksanakan tugas selanjutnya.

Continue reading
Kontribusi Payment Gateway Indonesia untuk Bisnis Digital

Kontribusi Payment Gateway Indonesia untuk Bisnis Digital

Kontribusi payment gateway Indonesia yang berkualitas akan berdampak kepada bisnis Anda. Customer akan melakukan transaksi lebih mudah dan cepat sehingga arus transaksi akan meningkat.

Payment gateway adalah sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya seperti direct debit dan e-wallet. Keragaman sistem pembayaran ini dapat memberikan kontribusi payment gateway Indonesia baik bisnis maupun customer.

Continue reading

SMS Terjadwal: Atur Waktu Ideal Anda Berkomunikasi dengan Customer

SMS Terjadwal: Atur Waktu Ideal Anda Berkomunikasi dengan Customer

Peran SMS untuk perkembangan bisnis sangat besar. Pelaku usaha yang cerdas mesti memanfaatkannya. Salah satunya dengan menjalankan program SMS terjadwal dengan SMS Gateway.

Seiring dengan pemakaian ponsel sebagai bagian dari keseharian, SMS kian mendapat posisi penting dalam dunia bisnis. Salah satunya SMS terjadwal menjadi cara yang mudah dan efisien untuk menjangkau customer.

Continue reading

Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience

Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience Bisnis Anda

SMS Gateway dan payment gateway menjadi hal yang krusial di era digital. Penerapannya menjadi sarana dalam peningkatan atau optimasi customer experience yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis digital.

Dunia bisnis saat ini sudah berubah. Sikap pelanggan terhadap produk tidak lagi bisa disamakan dengan dulu. Saat ini, konsumen sudah menuntut layanan yang lebih nyaman dan mudah digunakan. Disinilah pelaku bisnis harus melakukan optimasi customer experience.

Continue reading

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Layanan Messaging untuk Customer Experience yang Lebih Baik

Kebutuhan untuk terlihat lebih ‘manusia’ dan menjalin komunikasi adalah salah satu cara meningkatkan Customer Experience. Layanan messaging menjadi solusi komunikasi antar brand dan customer.

Banyak cara untuk mendekatkan diri dengan customer. Pelaku usaha di Indonesia bisa memanfaatkan layanan messaging atau berbagi pesan seperti WhatsApp dan SMS.

Continue reading

Peluang Payment Gateway Dari Data Penetrasi Kartu Kredit yang Minim di Indonesia

Peluang Payment Gateway Dari Data Penetrasi Kartu Kredit yang Minim di Indonesia

Penetrasi credit card yang tidak tinggi memberikan peluang digital payment gateway terbuka luas di Indonesia. Ini sejalan dengan laju pertumbuhan bisnis online membuat bisnis harus memberikan solusi sistem pembayaran yang mudah namun tetap menjadi keamanan.

Perkembangan bisnis online harus diimbangi dengan sistem pembayaran secara online di Indonesia seperti keberadaan payment gateway. McKinsey memproyeksikan nilai pasar e-commerce dalam negeri pada 2020 sudah akan menyentuh angka Rp910 triliun.

Continue reading

Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Istilah payment gateway Indonesia belakangan mulai populer. Popularitasnya merangkak naik seiring dengan perkembangan bisnis online di dalam negeri. Kebiasaan customer dan kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik untuk pengguna.

Seiring dengan perkembangan bisnis online, sistem pembayaran yang mudah dan aman merupakan salah satu yang diinginkan customer. Hal ini mendorong perkembangan payment gateway Indonesia. Pelan tapi pasti, payment gateway semakin dibutuhkan.

Untuk lebih mengenalnya, dibutuhkan pemahaman tentang definisinya terlebih dulu. Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Biasanya, ini digunakan di e-commerce atau toko online.

Continue reading

Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi percakapan terpopuler. Ini menjadi peluang besar bagi bisnis online. Dengan WhatsApp API, terdapat beragam pemanfaatan untuk bisnis Anda.

Saat ini, jumlah pengguna WhatsApp sangat besar. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melaporkan bahwa pada Kuartal IV 2017, aplikasi ini memiliki pengguna aktif bulanan hingga 1,5 miliar. Jumlah ini meningkat 14 persen dibanding pada Juli 2017 yang masih di angka 1,3 miliar. Disinilah peluang Whatsapp API untuk pelaku bisnis.

Dari jumlah terbaru tersebut, pengguna aktif harian mencapai sekitar satu miliar. Dengan demikian, dalam satu hari, WhatsApp melayani 60 miliar pertukaran pesan antarpengguna di seluruh dunia.

Continue reading

Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Short Message Service (SMS) sudah dikenal banyak orang, tapi tidak dengan SMS Gateway. Padahal, kegunaannya untuk mengembangkan bisnis begitu besar. Oleh sebab itu, penting untuk tahu SMS Gateway dan pemanfaatannya.

Pada dasarnya, SMS Gateway merupakan aplikasi yang membantu untuk mengirim dan menerima SMS. Namun, ada kelebihan khusus yang dimiliki sms gateway. Platform ini menyediakan mekanisme untuk penerimaan dan pengiriman SMS dalam jumlah besar. Jumlahnya pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan demikian, bisa dikatakan, smsgateway bersifat dua arah.

Continue reading

SMS Masking : Strategi Komunikasi dengan Customer yang Lebih Personal

SMS Masking : Strategi Komunikasi dengan Customer yang Lebih Personal

SMS dapat menjadi sarana para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan customer. Sebagai alat komunikasi yang sudah lama digunakan, SMS menjadi lazim untuk pengguna handphone. Namun dengan nomor telepon, kredibilitas pesan akan menurun, disinilah peran SMS Masking untuk bisnis Anda.

Pengiriman SMS secara manual atau tanpa SMS Masking hanya membuat pesan tidak memiliki kredibilitas yang tinggi. Hal ini cukup disayangkan karena persaingan informasi atau pesan kepada customer semakin ketat ditengah perkembangan digital yang cepat.

Continue reading

Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Industri bisnis E-commerce di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat. Potensinya juga masih besar. Pelaku bisnis bisa semakin memaksimalkannya dengan pemanfaatan layanan API Gateway.

Negeri kita merupakan salah satu negara dengan potensi bisnis e-commerce yang sangat besar. Hal ini ditegaskan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Mereka menyatakan bahwa, pada 2017, potensi industri e-commerce di Indonesia sudah mencapai 8,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 107 triliun.

Continue reading

[Free E-Book] 6 Tren Telco API di Tahun 2019 yang Harus Anda Ketahui

Customer akan menjadi perhatian pelaku bisnis di 2019. Hal ini terlihat dari perkembangan digital yang telah terjadi sejauh ini. Perkembangan ini akan menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus disiapkan para pelaku bisnis di tahun 2019. Apa saja trennya? inilah 6 tren Telco API di tahun 2019.

Hari ini, kita menyadari dunia digital terus mengisi keseharian masyarakat dalam berkomunikasi, mempermudah beragam sektor bisnis, serta menciptakan beragam kemungkinan bisnis baru.

Sebagai layanan yang menghubungkan pengguna dan produk yang dibutuhkan, jaringan telekomunikasi menjadi layanan yang krusial. Tentunya, internet tidak dapat hadir tanpa adanya layanan operator telekomunikasi (telco). Namun, sudah cukupkah peran telco operator hanya sebagai penyedia layanan internet untuk masyarakat dan bisnis?

Continue reading

Promosi toko fisik Anda dengan fitur SMS LBA

SMS LBA : Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Bisnis Berbasis Toko Fisik

Perkembangan dunia digital saat ini tengah terjadi. Namun, hal ini tidak berarti perkembangan tersebut mematikan toko fisik atau offline. Dunia digital dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari digitalisasi toko fisik menggunakan layanan Telco API, seperti SMS LBA.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Pebisnis toko fisik bisa memanfaatkan fitur Location Based Advertising atau SMS LBA untuk mempromosikan bisnis Anda.

Continue reading

Membidik Potensi Digital Payment Balik Kemeriahan Mobile Game

Membidik Potensi Digital Payment Balik Kemeriahan Mobile Game

Industri mobile game di Indonesia kian meriah. Fenomena ini harus segera dioptimasi dengan memberikan layanan yang mudah dan cepat. Disinilah peran digital payment sebagai solusi metode pembayaran.

Saat ini, mobile game sebenarnya sudah menjadi bisnis yang besar. Sepintas hal itu mudah terlihat dari para pemainnya. Orang yang memainkan game di gadget masing-masing sangat gampang ditemukan.

Continue reading

5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

5 Fitur SMS API yang Mempermudah Bisnis Anda

Layanan SMS API atau penggunaan teknologi API untuk SMS memiliki fitur untuk dimanfaatkan. Tidak hanya sebatas SMS Broadcast dan Authentication, terdapat 5 fitur untuk menunjang bisnis Anda.

Pengiriman pesan yang langsung, cepat dan open-rate yang tinggi membuat SMS memiliki potensi di era serba digital. Dengan perpaduan dengan teknologi API, kegiatan bisnis Anda akan semakin mudah dan inovatif dengan SMS API.

Sebagai platform Telco API, Apigo menyediakan SMS API beserta beragam fitur telco operator yang bisnis Anda dapat optimalkan. Apigo menjalankan beragam hal mulai dari integrasi API Gateway hingga koneksi API Gateway. Terdapat 5 fitur utama dari Apigo Messaging yang dapat Anda manfaatkan.

Continue reading

Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mungkin Anda kerap mendengar bahwa Short Message Service (SMS) sudah usang dan ditinggalkan. Ternyata perkembangan dunia digital membawa peluang baru untuk bisnis digital.

Layanan SMS memiliki potensi yang lebih kini. Berdasarkan data dari e-Marketer, pemilik smartphone telah melonjak dari angka 55 juta pada 2015 hingga menjadi 100 juta pada tahun 2018. Hal ini menjadikan negara kita hanya kalah dari Tiongkok, India, dan Amerika Serikat terkait jumlah pengguna telepon pintar yang aktif.

Melihat fakta tersebut, salah satu satu bentuk layanan Telco API seperti SMS memiliki potensi besar sebagai saluran informasi. SMS dapat menjadi sarana penunjang bisnis yang kuat.

Continue reading

SMS authentication untuk Keamanan Privasi Pengguna

SMS Authentication untuk Keamanan Privasi Pengguna

Layanan Telco API dapat memberikan beragam solusi untuk bisnis Anda, salah satunya adalah API Messaging. Layanan ini dapat Anda manfaatkan unutk meningkatkan keamanan privasi pengguna, dengan fitur SMS Authentication.

Teknologi dapat memberikan kemudahan atau sebaliknya membawa kerugian seperti kebocoran data yang pasti merugikan customer. Layanan SMS Authentication dapat Anda implementasikan unutk meningkatkan keamanan layanan Anda.

Continue reading

keberadaan-api-mendorong-perkembangan-bisnis digital

Keberadaan API Mendorong Perkembangan Bisnis Digital

Digitalisasi membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia. Sekarang, beragam kegiatan dapat dilakukan di gadget. Salah satu bagian penting dari kemudahan ini adalah peran (API) yang memungkinkan semuanya berjalan, termasuk mempermudah kegiatan bisnis digital Anda.

Banyak contoh kemudahan yang sekarang bisa Anda lakukan untuk bisnis digital. Soal berbelanja saja. Saat ini konsumen tidak perlu datang langsung secara fisik ke toko. Cukup melakukan belanja online, produk yang diinginkan nanti akan didapatkan.

Continue reading

Sistem Transaksi Keuangan Tanpa Bank Lewat API

Sistem Transfer Uang Tanpa Bank Lewat API

Teknologi memang mampu mengubah semua sendi kehidupan. Berkat Apllication Programming Interfaces (API), transfer uang tanpa bank dapat dilakukan sekarang ini. Layanan API Gateway inilah yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.

Selama ini bank selalu menjadi sarana dalam menjalankan transaksi keuangan. Namun, perkembangan teknologi seperti API membuat situasi menjadi lebih berkembang dan lebih nyaman untuk customer. transfer uang tanpa bank bisa semudah membuka laptop bahkan handphone. Tanpa perlu membuka aplikasi pembayaran, customer dapat melakukan pembayaran langsung dari aplikasi Anda lewat integrasi API.

Continue reading

kegiatan pemasaran dengan sms marketing

Maksimalkan Kegiatan Pemasaran Anda dengan SMS Marketing

Para pelaku bisnis sering melupakan arti penting SMS bagi pemasaran. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik dan tepat, SMS Marketing dapat memberikan dampak yang signifikan untuk kegiatan pemasaran produk Anda.

SMS merupakan kependekan dari Short Message Service. Salah satu bentuk layanan Telco API ini sudah menjadi bagian dalam keseharian kehidupan manusia. Siapa saja pemiliki ponsel dapat menggunakan layanan ini. Termasuk mendapatkan informasi lewat SMS marketing.

Continue reading

Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Layanan Telco API sejatinya memberikan kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Salah satunya dengan pemanfaatan USSD secara maksimal.

USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data. Ini adalah suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari telepon seluler ke penyedia layanan operator seluler yang bersangkutan.

Continue reading

Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Teknologi integrasi API gateway memberikan babak baru dari sistem komunikasi dan transaksi untuk manusia. Sistem komunikasi dan transaksi telah ada dan berkembang sejak dulu hingga kini.

Perkembangan sistem transaksi mulai dari barter hingga kita dengan teknologi patut disimak karena menggambarkan teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia. Salahsa satunya, integrasi API Gateway dapat membuat komunikasi dan transaksi semakin mudah dilakukan oleh pelaku bisnis.

Continue reading

APIGO di Bandung ICT Expo 2018

Inspirasi dan Keseruan Selama Gelaran Ulang Tahun Telkom University di Bandung

Pada event Bandung ICT Expo 2018, APIGO hadir sebagai inspirasi untuk berinovasi di dunia digital Indonesia. Selain inspirasi, APIGO juga menghadirkan aktivitas yang menarik seperti, Dart Game dan Tes Profil Kepribadian.

Mengusung tema “Inspiring The Digital Indonesia 2025”, menjadi event mendulang inspirasi untuk para pengusaha digital di Indonesia. Hal ini terlihat dengan para eksibitor yang hadir mulai dari penyedia infrastruktur, operator telekomunikasi dan APIGO sebagai penyedia teknologi Telco API yang meramaikan Bandung ICT Expo 2018. Continue reading

Temukan Solusi Telco API untuk Bisnis Digital Anda di Event ICT Terbesar di Bandung

Apigo turut serta memeriahkan ajang tahunan milik Telkom University, ICT Expo 2018 di Bandung. Event yang mengusung tema “Insipiring the Digital Indonesia in 2025” ini menjadi ajang Apigo berbagi inspirasi kepada para pebisnis untuk menciptakan layanan bisnis digital yang terdepan lewat Telco API.

Sebagai platform yang mengusung teknologi API, APIGO akan membawa inspirasi para pengusaha digital atau developer untuk memanfaatkan API untuk mempermudah akses dengan telco operator di ICT Expo 2018. Dengan APIGO, pebisnis dapat terhubung dengan layanan seperti SMS, call masking, system pembayaran potong pulsa dan beragam penggunaannya lainnya.

Continue reading

potensi dibalik peningkatan customer experience produk anda

Potensi Telco API untuk Peningkatan Customer Experience

Dunia E-Commerce terus berkembang dan semakin menarik minat para pelaku bisnis di Indonesia. Minat besar para pelaku bisnis Indonesia terlihat dari antusias para pengunjung event Exabytes E-Commerce Conference 2018 (EEC 2018). Pada kesempatan kali ini, APIGO hadir sebagai solusi meningkatkan customer experience bisnis E-Commerce.

Pada kesempatan ini, Apigo sebagai platform penyedia layanan Telco API turut serta memeriahkan event EEC 2018. Devops Manager Apigo, Ahmad Sutanto, mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara dalam conference dengan tema The Role of Telco API in Your E-Commerce Business.

Continue reading

Layanan API Telco Dengan Sistem Potong Pulsa Berguna Untuk Mendongkrak Bisnis

Layanan Telco API Dengan Sistem Potong Pulsa Berguna Untuk Mendongkrak Bisnis

Layanan Telco API bisa memberi dukungan positif bagi performa bisnis. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan sistem pembayaran dengan potong pulsa yang berprospek besar.

Sekarang, konsumen tidak mau repot. Ketika menginginkan produk atau layanan, mereka ingin mendapatkannya secara mudah dan cepat. Seperti membeli produk digital dengan potong pulsa. Kemudahan inilah yang bisa membuat daya tarik toko online di Indonesia meningkat.

Namun, saat ini, alternatif sistem pembayaran masih minim. Konsumen kebanyakan masih harus memilih antara menggunakan jasa bank melalui transfer, online payment, kartu kredit, atau bahkan cash on delivery.

Continue reading

Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat. Kondisi itu berpengaruh besar terhadap bisnis terutama terkait perubahan perilaku konsumen. Situasi itu menjadi alasan pertumbuhan pemanfaatan koneksi API gateway belakangan ini.

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat proses digitalisasi terjadi di mana-mana dan mengubah perilaku konsumen. Hal itu ditandai dengan kepemilikan smartphone, laptop, hingga tablet yang lazim. Terlebih lagi sekarang semuanya bisa terhubung dengan internet secara mudah.

Perubahan itu pada akhirnya membuat perilaku konsumen ikut bergeser. Situasi itu terjadi di mana pun termasuk Indonesia. Accenture merangkum setidaknya ada lima perubahan perilaku konsumen digital di negeri kita ini. Mereka menemukannya setelah melakukan riset terhadap 28 ribu responden di 28 negara.

Temuan pertama yang menarik ialah kecenderungan pemanfaatan teknologi dalam berbagai kegiatan. Hal itu ditandai dengan fakta bahwa perangkat pintar dipakai untuk berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak memerlukan internet. Contohnya ialah bermain games, menonton film, hingga mencari informasi.

Continue reading

Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Dunia telah berubah. Perkembangan dunia digital begitu pesat. Hal itu berdampak pula bagi pemanfaatan koneksi API gateway yang semakin marak.

Saat ini, digitalisasi terjadi di semua sektor. Perubahan dari analog ke digital semakin kentara. Pemicu terbesarnya adalah kehadiran internet. Kini internet dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja melalui perangkat seperti smartphone atau komputer personal didukung dengan teknologi terkini dari koneksi API Gateway yang memudahkan.

Kondisi itu memberi dampak besar bagi apa pun, tidak terkecuali dunia usaha. Lanskap bisnis ikut berubah karena itu semua. Akibatnya tuntutan untuk berubah mengikuti perkembangan zaman semakin besar.

Continue reading

Pembayaran dengan T-Cash

Metode Pembayaran dengan T-Cash, Untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat memicu perubahan dalam sistem pembayaran. Kini tren e-money mulai hadir. Salah satu contoh adalah keberadaan sebuah sistem pembayaran dengan T-Cash.

T-Cash merupakan layanan uang elektronik untuk menyimpang uang dan menggunakannya untuk berbagai transaksi. Tentunya metode pembayaran dengan T-Cash, transaksi yang dilakukan oleh customer akan lebih mudah.

Pengguna T-Cash cukup besar. Per 2017, jumlah salah satu bentuk konkret layanan telco API ini telah mencapai 10 juta pengguna. Namun, Telkomsel belum puas. Mereka menargetkan hendak menambah pemakai T-Cash hingga empat kali lipat sampai akhir tahun 2018 nanti.

Continue reading

Telco API

Berikut Ini Trik Pemanfaatan Layanan Telco API Untuk Performa Bisnis

Telco API membuka beragam kemungkinan untuk berbagai bisnis mengembangkan dan berinovasi dengan produk yang dimiliki. Peningkatan performa bisnis dan customer experience yang baik akan menjadi output yang dapat Anda rasakan.

Sekarang API (Application Programming Interface) dapat dilihat menjadi bagian penting dalam dunia bisnis. Pemnafaatan Telco API dapat menjadikan bisnis menjadi lebih advanced dan memberikan kemudahan baik pelaku bisnis dan customer.

Perubahan membuat perubahan baik dari sisi pelaku bisnis dan customer. Konsumen tidak bisa lagi didekati dengan cara yang sama sehingga membuat pelaku bisnis harus berinovasi dalam pendekatannya. Pelaku usaha dituntut agar cerdas melihat perubahan perilaku pelanggan dan pasar tersebut agar tetap kompetitif dan menonjol ditengah kerumuhan.

Continue reading

Sistem Pembayaran Digital Berbasis Layanan API Telco Jadi Favorit Konsumen

Sistem Pembayaran Digital Berbasis Layanan Telco API Jadi Favorit Konsumen

Pemanfaatan layanan Telco API kini sudah menembus sistem pembayaran digital untuk konsumen bisnis digital. Bahkan, sistem pembayaran tersebut menjadi yang terfavorit.

Saat ini, bisnis online tengah tumbuh. Hal ini mendorong perkembangan sistem pembayaran digital. Di sini layanan Telco API mengambil peran penting. API mampu menjadikan pihak yang mengadopsi koneksi API gateway berkembang sebagai pemain penting dalam sektor tersebut.

Apa sajakah itu?

Continue reading

layanan Telco API APIGO

Manfaat Penting Layanan Telco API Untuk Peningkatan Bisnis

Keberadaan layanan Telco API sejatinya membuka banyak kesempatan besar. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, Telco API mampu meningkatkan kinerja bisnis dengan mempermudah layanan ataupun memberi nilai tambah produk.

Teknologi sudah mengubah kebiasaan orang. Mulai dari cara mengonsumsi berita hingga berkomunikasi tidak lagi sama. Kini, customer lebih aktif mencari informasi karena tersedianya media yang memudahkan hal tersebut. Kemudahan tersebut membuat customer memiliki banyak distraksi. Inilah peran layanan Telco API untuk stand out ditengah kerumunan informasi.

Continue reading